Sistem Pendidikan di Indonesia

2 min read

Pendidikan merupakan salah satu aset penting bagi suatu bangsa. Karena dengan pendidikan, sumber daya manusia menjadi lebih ter-upgrade dan lebih memiliki kemampuan agar dapat bersaing di kancah global.

Nah, namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah kondisi pendidikan di Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja.

Hal ini dibuktikan oleh banyak pakar pendidikan yang menyebutkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia semakin menurun.

Hal ini bisa dibuktikan dengan data peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index) dari UNESCO pada tahun 2000. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-99 (1997), ke-105 (1998) dan menempati urutan ke-57 dari total 65 Negara pada tahun 2013.

Hal ini menjadi PR tersendiri bagi pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Lalu apa itu sistem pendidikan?

 

Pengertian Sistem Pendidikan

Ilustrasi Sistem Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi Sistem Pendidikan di Indonesia

Sistem pendidikan adalah suatu strategi atau cara yang akan dipakai untuk melakukan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan agar para pelajar tersebut dapat secara aktif mengembangkan potensi di dalam dirinya yang diperlukan untuk dirinya sendiri dan masyarakat.

 

Sistem Pendidikan yang Dianut di Indonesia

Sistem pendidikan yang di anut Indonesia

Seperti yang diketahui bersama, saat ini sistem pendidikan di Indonesia adalah menganut sistem pendidikan Nasional.

Akan tetapi sistem ini belum bisa berjalan sebagaimana mestinya, sehingga Indonesia melaksanakan beberapa sistem pendidikan yang lainnya seperti:

1. Sistem Pendidikan Terbuka

Menurut sistem pendidikan terbuka, peserta didik dituntut untuk dapat bersaing dengan teman, berfikir kreatif, inovatif dan menemukan pemahaman sendiri terhadap sebuah materi yang sedang di bahas.

 

2. Sistem Pendidikan Berorientasi Pada Nilai

Sistem pendidikan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi pelajar di Indonesia, karena sistem ini sudah diterapkan sejak sekolah dasar (SD).

Pada sistem pendidikan ini peserta didik diberi pengajaran mengenai tenggang rasa, kejujuran, kedisiplinan, kesopanan dan nilai-nilai positif lainnya.

 

3. Sistem Pendidikan Beragam

Hal ini didasarkan pada kondisi masyarakat Indonesia yang beragam. Seperti beragam dalam suku, agama, budaya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan satuan pendidikan di Indonesia, seperti pendidikan formal,pendidikan non-formal dan in-formal.

 

4. Sistem Pendidikan Sesuai Perubahan Zaman

Hal ini bisa dilihat dari perubahan kurikulum dari yang dulu KTSP menjadi Kurikulum 2013 dimana di kurikulum yang terbaru lebih mendorong kepada keaktifan peserta didik.

Hal ini dilakukan karena mengikuti perkembangan zaman, jika kurikulum Indonesia tetap menerapkan KTSP maka akan menjadikan peserta didik tergantung kepada orang lain.

Karena pada kurikulum KTSP menggunakan pendekatan TCL (Teacher Center Learning) dimana guru sebagai pusat informasi. Namun pada saat ini, kurikulum yang diterapkan sudah kurikulum 2013.

Dimana kurikulum ini menggunakan pendekatan SCL (Student Center Learning) yang memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan berfikir kritis.

Sehingga menjadikan peserta didik lebih mandiri dan berani mengutarakan gagasan hasil berfikirnya.

 

5.Sistem Pendidikan yang Efisien

Efisien disini dalam artian penggunaan waktu yang tepat guna. Disini waktu diatur sedemikian agar peserta didik tidak merasa terbebani dengan materi pelajaran yang disampaikan.

Nah sudah banyak sistem pendidikan yang di laksanakan oleh Indonesia, namun mengapa kondisi pendidikan semakin turun.

Hal ini di sebabkan oleh beberapa masalah pendidikan di Indonesia.

Lalu apa saja masalah pendidikan di Indonesia?

 

Baca Juga: Permasalahan Pokok Pendidikan di Indonesia

Masalah Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi Masalah Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi Masalah Pendidikan di Indonesia

1. Kualitas Pendidikan

Hal ini merupakan permasalahan yang mendasar di dunia pendidikan Indonesia. Ini disebabkan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar pada bukan bidangnya.

Hal ini menyebabkan output yang dihasilkan kurang memuaskan, karena peserta didik tidak diajarkan dengan yang ahli di bidangnya.

Selain dari tenaga pengajar yang tidak relevan, penyebab lain juga di sebabkan oleh rendahnya kesadaran peserta didik untuk bersaing secara sportif.

Seperti membeli jawaban ujian ketika akan melaksanakan ujian nasional, atau mencontek pekerjaan orang lain.

Hal ini sangat menghambat perkembangan peserta didik dan hasilnya pun lulusan yang kurang memiliki kemampuan.

Oleh sebab itu untuk mengurangi tenaga pengajar yang kurang ahli di bidangnya, pemerintah mengadakan program pendidikan profesi guru (PPG) dan mengadakan sertifikasi guru.

Ini dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar yang nantinya dapat memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia.

 

2. Pemerataan Pendidikan

Mengingat bentuk geografis negara Indonesia yang berbentuk kepulauan membuat pendidikan di Indonesia berbeda-beda.

Selain itu juga pendidikan masih menjadi barang mahal yang menyebabkan tidak semua kalangan dapat merasakan bangku sekolah.

Oleh sebab itu pemerintah saat ini menyisihkan anggarannya untuk keperluan pendidikan.

Sehingga semua masyarakat Indonesia dapat mengenyam pendidikan sampai 12 tahun.

 

3. Biaya Pendidikan

Keadaan ekonomi Indonesia yang saat ini sedang naik turun juga berdampak pada dunia pendidikan.

Banyak sekali anak yang tidak bisa merasakan nikmatnya mengenyam dunia pendidikan disebabkan biaya pendidikan yang masih mahal.

Namun pemerintah juga tidak tinggal diam, contohnya adalah kebijakan yang memberikan free-school bagi pendidikan dasar dan mengadakan program BOS untuk meringankan biaya pendidikan.

 

 

Perkembangan Peserta Didik

titan
1 min read

Pengertian Bahan Ajar

titan
2 min read

Lingkungan Pendidikan

titan
5 min read

2 Replies to “Sistem Pendidikan di Indonesia”

  1. Banyak yang perlu diperbaiki dalam kualitas pendidikan di Indonesia. Tidak hanya pemerintah tetapi juga seluruh elemen di masyarakat, juga harus turut bersinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Terutama yakni kesadaran akan pentingnya mengenyam pendidikan itu sendiri. Pendidikan harus tertanam oleh diri individu sebagai suatu kewajiban. Kewajiban akan dirinya menjadi Warga Negara yg baik, bermanfaat, dan dapat berguna bagi negara, nusa, dan bangsanya. So, peran masyarakat jg sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *