Silabus

3 min read

Pendidikan adalah salah satu kunci penting bagi keberhasilan suatu negara. Maka dari itu semua yang terlibat didalamnya harus benar-benar profesional dan berkompeten.

Selain dari sumber daya manusia, komponen pendukung dari pendidikan juga harus benar-benar di perhatikan, seperti salah satunya adalah silabus.

Lalu apa itu silabus?

 

Pengertian Silabus

Ilustrasi Silabus
Ilustrasi Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Atau dapat didefinisikan sebagai garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran.

 

Pengertian Silabus Menurut Para Ahli

1. Kunandar (2011)

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

 

2. Yulaelawati

Silabus adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.

 

3. Trianto (2010)

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Komponen Silabus Kurikulum 2013

Komponen Silabus
Komponen Silabus

1. Identitas Mara Pelajaran

Berisikan mengenai jenis mata pelajaran yang akan diajarakan.

 

2. Identitas Sekolah

Disini berisikan mengenai nama satuan pendidikan dan kelas.

 

3. Standar Kompetensi

Berisikan seperangkat kompetensi yang dibakukan dan siswa harus mencapainya sebagai hasil belajar dalam setiap satuan pendidikan.

Standar kompetensi juga dijadikan sebagai pemandu penjabaran kompetensi dasar menjadi pengalaman belajar.

 

4. Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa.

Kompetensi dasar pada silabus memiliki fungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.

 

5. Materi Pokok Pembelajaran

Berisikan mengenai materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian besar.

 

6. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan.

 

7. Indikator

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Indikator disini berperan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian peserta didik.

 

8. Penilaian

Pada pembelajaran penilaian dilakukan untuk mengkaji keberhasilan dari kompetensi dasar dan indikator pada tiap mata pelajaran. Penilaian sendiri biasanya dilaksanakan dalam bentuk tes dan non tes.

 

9. Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per-minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

 

10. Sumber Belajar

Sumber belajar adalah rujukan, objek atau bahan yang digunakan untuk untuk kegiatan pembelajaran.

Bisanya berupa buku, sumber informasi dari internet, lingkungan sekitar dan masih banyak yang lainnya.

Prinsip Pengembangan Silabus

Pengembangan silabus sepenuhnya ada di setiap kesatuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya.

Maka dari itu untuk tetap menjaga  pengembangan silabus tetap dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, maka perlu adanya prinsip-prinsip pengembangan silabus yang harus di perhatikan. Berikut penjelasannya.

 

1. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional. dan spiritual peserta didik.

 

2. Sistematis

Komponen yang terdapat pada silabus harus saling berkaitan dan berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

 

3. Ilmiah

Pengembangan silabus dilakukan dengan memegang prinsip ilmiah. Artinya materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

 

4. Fleksibel

Keseluruhan komponen pada silabus dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan lingkungan masyarakat.

 

5. Memadai

Berisikan mengenai indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

 

6. Konsisten

Terdapat hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.

 

7. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memerhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

 

8. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (koognitif, afektif, dan psikomotorik).

 

Baca Juga: Pengertian RPP Kurikulum 2013

Fungsi Pengembangan Silabus

Tujuan dari pengembangan silabus ini adalah untuk membantu guru dan tenaga kependidik lainnya dalam menjabarkan kompetensi dasar menjadi perencanaan pembelajran. Berikut adalah fungsi pengembangan silabus secara umum.

  • Sebagai sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun kompetensi dasar (Abdul Majid, 2009:40)
  • Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.
  • Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran, penyusunan materi, dan pengembangan sistem penilaian dalam pembelajaran berbasis kompetensi.

 

Manfaat Silabus

Silabus bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran.

Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran, mulai dari perencanaan, pengelolaan, dan penilaian kegiatan belajar mengajar.

Dengan adanya silabus juga mempermudah guru dalam memetakan materi yang akan diajarkan. Sehingga lebih tertata dan tersistematis.

Berbicara tentang silabus erat kaitannya dengan RPP. Lalu apa itu Rpp?

Pengertian RPP

 

 

 

 

 

Perkembangan Peserta Didik

titan
1 min read

Pengertian Bahan Ajar

titan
2 min read

Lingkungan Pendidikan

titan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *