titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

3 min read

Sebuah kegiatan akan berjalan dengan lancar jika sebelum memulai aksi sudah direncanakan. Begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sebelum kegiatan itu berjalan sebaiknya seorang guru sudah menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disebut dengan rpp.

Lalu apa itu rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp ?

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli

Ilustrasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Ilustrasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disebut dengan rpp adalah suatu rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. (Kusnandar, 2011:263)

Oh iya, sebelum membahas tentang pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp lebih jauh lagi.

Disini kami akan sedikit membahas tentang apa itu silabus, serta apa hubungan antara silabus dan rpp?

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaiaan, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

lalu apa hubungannya silabus dengan rpp?

Berdasarkan pengertian diatas maka bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa silabus ini berperan sebagai pedoman dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp.

Nah, kembali lagi ke topik utama tentang apa itu rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp.

Selanjutnya adalah pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut para ahli.

 

1. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan ataupun lebih. RPP berkembang dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar.

2. Permendikbud 81A Tahun 2013 Lampiran IV

Yang pertama dalam pembelajaran menurut standar proses merupakan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan suatu rencana pelaksanaan pembelajaran.

 

Komponen Rencana Pelaksana Pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 komponen RPP sesuai implentasi kurikulum 2013 meliputi:

 

1. Identitas

Identitas ini meliputi: Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Materi Pokok, Alokasi Waktu.

2. Kompetensi Inti (KI)

Tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.

3. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi dasar adalah kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi tentang konten atau kompetensi yang terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai oleh peserta didik.

Sedangkan indikator pencapaian adalah perilaku yang dapat diukur dan di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.

4. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan tentang proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

5. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran disajikan dari materi yang terdapat pada indikator pencapaian kompetensi.

Materi pembelajaran ini memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan serta ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

6. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan terjadinya sebuah proses yang yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi, menguatkan, menginspirasi, dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan teori tertentu.

Metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan dalam mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Model pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir yang dikemas dengan cara yang khas oleh seorang pendidik.

Baca Juga: 20 Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

7. Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

8. Sumber Belajar

Semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan indikator keberhasilan.

9. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran ini terbagi menjadi dua tahap yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup

Pendahuluan, kegiatan ini ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan meningkatkan fokus perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Kegiatan inti, merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar (KD). Kegiatan inti ini dilaksanakan secara sistematis dan melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Penutup, kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar, biasanya diisi dengan kesimpulan.

10. Penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengukur keberhasilan dan biasanya di jadikan sebagai bahan evaluasi untuk pertemuan berikutnya.

Penilaian juga bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu penilaian sikap dan penilaian pengetahuan.

 

Baca Juga: Pengertian Silabus Kurikulum 2013

 

Prinsip-Prinsip Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

  • RPP harus mendorong partisipasi aktif peserta didik
  • RPP harus mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar
  • RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.

 

Fungsi dan Tujuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Tujuan RPP
Tujuan RPP

1.Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP berfungsi sebagai acuan guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. (Kunandar, 2011:264)

 

2. Tujuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Menurut Kunandar, 2011:264 tujuan pembuatan RPP secara profesional dan sistematis dan berdaya guna dapat membantu guru dalam:

  • Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar.
  • Membantu dalam melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

 

titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Administrasi Pendidikan

titan
2 min read

Pengertian Komptensi

Rizki Islamiyah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *