titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Pengertian Materi Pembelajaran

1 min read

Dalam kegiatan pembelajaran sudah pasti terdapat materi, metode, strategi, dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

Nah pada artikel kali ini akan di fokuskan tentang apa itu materi pembelajaran?

 

Pengertian Materi Pembelajaran (Intructional Material)

Materi pembelajaran

Materi pembelajaran adalah sebuah pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi setelah peserta didik menerima pembelajaran.

Dengan demikian, materi pembelajaran harus bisa menunjang tercapainya kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator kompetensi yang diharapkan.

Sedangkan menurut National Center for Vocational Education Researach Ltd, terdapat tiga pengertian mengenai materi pembelajaran yaitu:

1. Materi pembelajaran merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru atau instruktur untuk perencanaan dan penelaah implementasi pembelajaran.

 

2. Materi pembelajaran adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

 

3. Materi pembelajaran adalah seperangkat substansi pembelajaran yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok yang utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam pembelajaran yang disusun secara sistematis.

Dalam sebuah proses pembelajaran, materi pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat penting demi tercapainya tujuan dari pembelajaran.

 

Prinsip-Prinsip Penentuan Materi Pembelajaran

prinsip materi pembelajaran

Terdapat tiga prinsp penting dalam materi pembelajaran, yaitu:

1. Relevansi (Kesesuaian)

Materi pembelajaran yang baik hendaknya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah siswa menerima pembelajaran.

 

2. Konsistensi (Keajegan)

Materi pembelajaran harus konsisten sesuai dengan tujuan standar kompetensi dan kompetensi dasar.

 

3. Adquency (Kecukupan)

Materi pembelajaran yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi yang diajarkan. Artinya materi yang diajarkan tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh berlebihan. Hal ini dapat menghambat dalam pencapaian tujuan.

 

Aspek-Aspek Materi Pembelajaran

aspek materi pembelajaran

1. Aspek Kognitif

Dalam setiap jenis materi pembelajaran hendaknya memerlukan strategi, metode dan media belajar yang berbeda-beda. Selain memperhatikan jenis materi yang diajarkan perlu juga memperhatikan prinsip-prinsip yang perlu dipakai dalam menentukan cakupan pembelajaran.

 

2. Kecakupan

Cakupan materi harus diperhatikan agar materi yang diajarkan sesuai dengan tujuan dan standar kompetensi yang ingin dicapai.

Baca Juga: Pengertian Bahan Ajar

Jenis-Jenis Materi Pembelajaran

jenis materi pembelajaran

Materi pembelajaran memiliki 5 jenis, yaitu:

1. Fakta

Materi pembelajaran fakta adalah semua hal yang berwujud kenyataan atau kebenaran yang meliputi, nama, peristiwa, nama orang, sains dan lain sebagainya.

 

2. Konsep

Materi pembelajaran dengan jenis konsep adalah semua yang berwujud pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran. Seperti definisi, hakikat, isi, ciri khusus dan lain sebagainya.

 

3. Prinsip

Materi pembelajaran prinsip adalah semua yang berupa hal-hal pokok dan mempunyai posisi terpenting yaitu dalil, rumus, paradigma, dan hubungan antara konsep yang menggambarkan akibatnya.

 

4. Prosedur

Materi pembelajaran prosedur adalah langkah-langkah sistematis atau berurutan dalam melakukan pembelajaran. Contohnya seperti observasi, hipotesis, dan melakukan eksperimen serta menarik sebuah kesimpulan.

 

5. Nilai

Nilai adalah hasil belajar dari aspek sikap.

titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Administrasi Pendidikan

titan
2 min read

Pengertian Komptensi

Rizki Islamiyah
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *