titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Media Pembelajaran

3 min read

Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru memiliki peran yang sangat vital. Karena ditangan seorang gurulah kegiatan belajar-mengajar dapat mencapai tujuan pembelajaran atau tidak.

Oleh sebab itu seorang guru harus benar-benar memperhatikan banyak hal. Seperti salah satunya adalah media pembelajaran.

Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat diharapkan mampu merangsang siswa untuk dapat berpartisipasi di dalamnya.

Selain itu pemilihan media pembelajaran yang tepat juga dapat membantu guru dalam mempermudah penyampaian informasi kepada peserta didik.

Lalu apa itu media pembelajaran?

 

Pengertian Media Pembelajaran

Ilustrasi Media Pembelajaran
Ilustrasi Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat bantu proses dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar.

 

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Herry

Media pembelajaran adalah sebagai sarana yang bisa digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar.

 

2. Kati Hari Sukasih

Media pembelajaran adalah alat dan bentuk lainnya yang digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran.

 

3. Hinich and Molenda

Media pembelajaran adalah penyalur informasi yang saling terkait satu sama lain. Keenam media tersebut adalah audio, visual, proyeksi gerak, teks, manusia, dan miniatur.

 

4. Hamalik

Menurut dia, media pembelajaran tidak hanya sebagai sarana tetapi juga metode dan teknik yang digunakan guru agar tercipta interaksi dan komunikasi yang baik dalam pengajaran.

 

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Ilustrasi Jenis Media Pembelajaran
Ilustrasi Jenis Media Pembelajaran

Menurut Ibrahim dan Suparni (2008:116-117) mengemukakan bahwa terdapat tiga jenis media pembelajaran yaitu visual, audio, dan audio visual. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

 

1. Media Visual

Media visual merupakan sajian yang mengandung pesan yang dapat di terima melalui indera penglihatan.

Media visual dapat di kelompokan menjadi media visual yang materinya tidak diproyeksikan, seperti foto, garis, model, dan realita.

Serta media visual yang materinya di proyeksikan seperti OHP, LCD dan lain-lain.

Mufarokah (2009:105) menambahkan bahwa yang termasuk media visual adalah sebagai berikut:

  • Media Motion Visual (Media Visual Gerak)

Media yang mempunyai gambar objek bergerak seperti  film bisu (bergerak tapi tak bersuara).

  • Media still Visual (Media Visual Diam)

Terdapat objek namun tidak ada gerakan seperti film strip, gambar, mikrofon atau halaman cetakan.

  • Media Cetak

Media yang hanya menampilkan simbol-simbol tertentu yaitu huruf (tulisan).

 

2. Media Audio

Media audio dapat dibagi menjadi media audio yang menggunakan alat perekam dan media audio yang menggunakan pemancaran gelombang radio.

Mufarokah (2009:103) mengemukakan bahwa audio adalah jenis media pendidikan yang dalam menyalurkan pesan-pesan ajaran berkaitan dengan indra pendengaran, beberapa jenis media yang dapat digolongkan kedalam audio diantaranya radio, piringan hitam, laboratorium bahasa dan tape recorder.

 

3. Media Audio Visual

Menurut Sanjaya (2005:173) media audio visual yaitu media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, contohnya adalah rekaman video, slide suara dan masih banyak lainnya.

 

Karakteristik Media Pembelajaran

 

Agar media pembelajaran dapat merangsang pemikiran peserta didik maka harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

 

1. Manipulatif

Media pembelajaran hendaknya bersifat manipulatif, dalam artian bahwa media pembelajaran dapat menampilkan kembali obyek atau kejadian yang telah disimpan sebelumnya dengan memberikan beberapa modifikasi atau perubahan seperlunya sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar (Santyasa, 2007:4).

 

2. Distributif

Media pembelajaran juga hendaknya bersifat distributif, dalam artian bahwa media pembelajaran memiliki kemampuan untuk menjangkau khalayak yang jumlahnya besar dalam satu kali penyajian secara serempak (Santyasa, 2007:4).

 

3. Fiksatif

Media pembelajaran hendaknya memiliki sifat fiksatif dalam artian media pembelajaran memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan, dan menampilkan kembali suatu obyek atau kejadian.

Dengan demikian, obyek atau kejadian tersebut dapat digambar, difoto, direkam atau di filmkan,  serta disimpan dan kemudian ditampilkan kembali saat dibutuhkan (Santyasa, 2007:4).

 

4. Interaktif

Kemampuan peserta didik untuk memberikan respon atau tanggapan melalui berbagai macam cara terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar.

 

5. Seuai Fungsi dan Tujuan Pengajaran

Media pembelajaran yang digunakan oleh seorang pengajar dalam membantu proses belajar mengajar hendaknya disesuaikan dengan fungsi pengajaran.

 

6. Aksesibilitas

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar  hendaknya dapat diakses oleh pengajar dan juga peserta didik sebagai objek utama.

 

7. Mudah Digunakan

Media pembelajaran hendaknya mudah digunakan oleh seorang pengajar yang berperan sebagai komunikator.

 

8. Mendukung Materi Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar tentunya harus mendukung materi pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar kepada peserta didik.

 

 9. Eksplantif 

Media pembelajaran hendaknya dapat memperjelas penyajian materi pembelajaran yang disampaikan secara lisan oleh seorang guru.

 

10. Sesuai Karakteristik Peserta Didik

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses mengajar hendaknya disesuaikan dengan karakteristik peserta didik terutama dalam hal kemampuan berpikir, perkembangan peserta didik, serta pengalaman peserta didik.

 

11. Membangkitkan Minat Belajar

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar hendaknya dapat membangkitkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih termotivasi.

 

12. Efektif dan Efisien

Media pembelajaran hendaknya dapat digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran, begitu juga dengan persiapan materi pembelajaran yang akan diberikan dan alokasi waktu yang telah ditetapkan.

 

13. Mengatasi Keterbatasan Ruang, Waktu, dan Daya Indera

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar hendaknya dapat mengatasi keterbatasan  ruang, waktu dan daya indera.

Baca Juga: Desain Pembelajaran

Fungsi Media Pembelajaran

Menurut Levie dan Lents (1982) berpendapat ada empat fungsi media pembelajaran, khusunya media visual, yaitu:

 

1. Fungsi Atensi

Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks pelajaran.

 

2. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahamai dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.

 

3. Fungsi Kompensatoris

Fungsi media pembelajaran ini untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disampaikan dengan teks atau disajikan secara verbal.

 

4. Fungsi Afektif

Media visual dapat terlihat dari tingkah laku siswa dalam belajar teks atau gambar.

 

Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran

Menurut Arief, dkk (2009:17) media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut.

1. Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak bersifat verbalistis.

2. Mengatasi keterbatasan raung, waktu, dan indera.

3. Menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan gairah belajar siswa dan memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dan belajar sendiri.

4. Dengan sifat yang unik pada siswa juga dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda-beda, sedangkan kurikulum dan materi pembelajaran yang sama untuk setiap siswa, masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran.

 

Pencarian terbaru:

  • media modifikasi pembelajaran menurut ahli
  • Media pembelajaran bersifat manipulatif sehingga memiliki manfaat diantaranya
titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

3 Replies to “Media Pembelajaran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *