titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Tumbuhan Paku

3 min read

Tumbuhan paku atau yang memiliki nama latin Tracheophyta ini adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan tanaman pada umumnya. Hanya saja tumbuhan paku ini berkembang dengan menggunakan spora.

Pada umumnya tanaman ini tumbuh di tempat-tempat yang lembab (higrofit) namun ada juga yang tumbuh di air (hidrofit) ataupun menempel pada pohon (epifit).

Gambar Tumbuhan Paku
Gambar Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku juga dapat menghasilkan makanan sendiri dengan cara berfotosintesis (fotoautotrof). Seperti yang kita ketahui tumbuhan paku merupakan salah satu jenis tanaman purba. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penemuan fosil dari tumbuhan paku yang tersebar di seluruh dunia.

Pada zaman dahulu tanaman paku memiliki ukuran yang sangat besar dan berevolusi hingga berukuran sampai seperti sekarang ini.

Di zaman yang sangat berkembang ini keberadaan tumbuhan paku memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai bahan makanan, tanaman hias, obat herbal dan masih banyak yang lainnya.

Nah berikut adalah beberapa ulasan tentang manfaat tumbuhan paku bagi manusia.

1. Sebagai Bahan Makanan

Tumbuhan paku adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki cita rasa yang enak. Namun tidak semua tanaman paku dapat di konsumsi. Sehingga anda harus mengetahui lebih detail tentang ciri-ciri tanaman paku yang dapat dikonsumsi. Jika anda kurang memahami ciri-ciri  tanaman paku yang dapat dikonsumsi ini dapat berakibat fatal.

Gambar Tumbuhan Paku Semanggi
Gambar Tumbuhan Paku Semanggi

Jenis tumbuhan paku yang dapat dikonsumsi adalah Marsilea crenata (semanggi). Tumbuhan paku yang satu ini dapat dengan mudah kita temui di daerah perairan. Paku semanggi juga diketahui memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh kita.

2. Sebagai Tiang Bangunan

Pada umumnya tiang bangunan khususnya kayu berasal dari pohon jati, kayu mahoni, kayu ulin dan lainnya. Nah kali ini tanaman paku juga dapat dijadikan sebagai bahan bangunan dan biasanya digunakan sebagai tiang bangunan.

Gambar Alsophila Glauca
Gambar Tumbuhan Paku Alsophila Glauca

Jenis Tanaman paku ini adalah Alsophila glauca (pakis haji). Jenis kayu dari tanaman paku ini memiliki struktur yang sangat kuat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tiang sebuah bangunan.

Sehingga bangunan ini akan memiliki struktur yang kokoh.

Tanaman paku ini memiliki tinggi pohon 5-15 meter dan batang yang bulat sempurna. Tidak memiliki cabang seperti tanaman pada umumnya. Paku haji juga memiliki batang yang kasar dan berserabut.

3. Manfaat Tumbuhan Paku Sebagai Obat-obatan

Manfaat tumbuhan paku juga sangat luar biasa, yaitu dapat di jadikan sebagai obat herbal. Seperti yang kita ketahui jika obat-obatan herbal memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Ini berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang nantinya dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Gambar Tumbuhan Paku Equisetum
Gambar Tumbuhan Paku Equisetum

Jenis tanaman paku yang memiliki manfaat sebagai obat adalah Equisetum (paku kuda). Jenis paku ini dapat dijadikan sebagai obat diuretik atau memperlancar membuang air kecil.

Selaginella (paku rane), paku jenis ini biasa di gunakan sebagai obat luka karena mengandung antibiotik.

Gambar Tumbuhan Paku Selaginella
Gambar Tumbuhan Paku Selaginella

Alsophila glauca (paku haji) daun dari jenis paku ini dapat digunakan sebagai obat diare.  Lycopodium clavatum (paku kawat) jenis paku ini dapat di gunakan sebagai obat penyakit kulit tertentu.

Dengan demikian manfaat tumbuhan paku juga berdampak baik pada kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

4. Sebagai Tanaman Hias

Manfaat tumbuhan paku selanjutnya adalah sebagai tanaman hias. Karena seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis tanaman paku yang memiliki bentuk yang unik. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tanaman hias di halaman rumah anda.

Adapun beberapa jenis tanaman paku yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Adiantum Cuneatum (suplir), tanaman paku ini memiliki ciri-ciri seperti daun yang panjang namun lebih cenderung membentuk bulat.

Gambar Tanaman Paku Adiantum Cuneatum
Gambar Tanaman Paku Adiantum Cuneatum

Dalam perawatan tanaman ini anda juga harus memperhatikan sinar matahari yang mengenainya. Sebisa mungkin hindarkan Suplir ini dari paparan sinar matahari langsung.

Asplenium nidus (paku sarang burung), jenis paku ini biasanya di tempatkan menggantung atau menempel pada salah satu pohon. Karena tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman ini adalah epifit.

Gambar Tumbuhan Paku Asplenium Nidus
Gambar Tumbuhan Paku Asplenium Nidus

Tanaman ini memiliki daun yang menyirip dan memanjang, Sebisa mungkin hindarkan tanaman ini dari paparan sinar matahari langsung. Jika dilakukan hal ini akan membuat daun menjadi menguning.

Gambar Tumbuhan Paku Tanduk Rusa
Gambar Tumbuhan Paku Tanduk Rusa

Platycerium biforme (paku tanduk rusa), tumbuhan paku yang memiliki daun bercabang yang menyerupai tanduk rusa ini merupakan jenis tanaman epifit sejati. Artinya tumbuhan paku ini dapat berkembang jika memiliki pohon yang dapat ia tinggal.

5. Sebagi Penggosok

Gambar Tumbuhan Paku Equisetum sp
Gambar Tumbuhan Paku Equisetum sp

Manfaat dari tanaman paku selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai bahan pembuat ampelas (penggosok). Jenis dari paku ini adalah Equisetum sp (paku ekor kuda).

6. Manfaat Tunbuhan Paku Bagi Lingkungan

Selain manfaat diatas tumbuhan paku juga memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan. Tumbuhan paku ini juga dapat dijadikan sebagai pupuk hijau yang ramah lingkungan.

Gambar Tumbuhan Paku Azolla Pinnata
Gambar Tumbuhan Paku Azolla Pinnata

Cara tumbuhan paku ini dalam menjaga lingkungan adalah dengan cara mengikat N2 (Nitrogen) bebas dari udara dan di ikat menjadi senyawa nitrogen yang dapat diserap oleh tumbuhan yang lain.

Jenis tumbuhan paku ini adalah Azolla pinnata. Selain berfungsi sebagai pengikat Nitrogen, tanaman paku jenis ini juga salah satu sahabat petani.

7. Sebagai Bingkai Karangan Bunga

Selain memiliki fungsi seperti diatas, manfaat pohon paku juga dapat kita rasakan melalui seni kerajinan. Salah satunya adalah bingkai. Tumbuhan paku ini juga kadang berada dalam karangan bunga.

Gambar Karangan Bunga Dari Tumbuhan Paku
Gambar Karangan Bunga Dari Tumbuhan Paku

Hal ini tentu memberikan tambahan nilai yang menjadikan karangan bunga tersebut  menjadi lebih indah.

8. Sumber Energi fosil

Gambar Batubara
Gambar Batubara

Seperti yang kita ketahui jika tumbuhan paku adalah salah jenis tanaman yang berasal dari zaman dinosaurus. Dan hal ini yang menjadikan tumbuhan paku sebagai salah satu komponen penyusunan batu bara.

9. Sebagai Properti

Salah satu jenis tanaman paku yang memiliki manfaat terbanyak adalah jenis paku pakis haji. Karena tidak hanya batangnya saja yang berfungsi namun hampir semuanya memiliki fungsi yang bermanfaat bagi manusia.

Gambar Serat Tumbuhan Paku
Gambar Serat Tumbuhan Paku

Seperti serat yang dapat di jadikan sebagai pengganti kapas pada kasur atau sejenisnya. Daunnya juga dapat dijadikan sebagai atap rumah tradisional.

Nah sekian artikel tentang pembahasan manfaat tumbuhan paku bagi manusia. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi anda semua. Makin banyak tau, makin banyak ilmu.

Pencarian terbaru:

  • manfaat tumbuhan paku
  • tumbuhan paku
  • manfaat paku pakuan
  • efek samping tertancap paku
  • tanaman purba
  • Jenis tanaman paku
  • tanaman paku pakuan
  • manfaat tanaman paku adiantum tenerum
  • contoh tumbuhan Pteridophyta
  • tumbuhan paku di pohon jati
titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Jeruk Lemon

titan
9 min read

Manfaat Jelly Gamat Gold-G

titan
3 min read

Manfaat Rebusan Kulit Manggis

titan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *