titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Tomat

4 min read

Tomat (Solanum Lycopersium) merupakan salah satu jenis buah yang banyak dimanfaatkan sehari-hari. Rasanya yang khas seringkali di jadikan sebagai tambahan dalam bahan makanan.

Buah Tomat
Buah Tomat. Via: bermanfaat.info

Namun tidak ini saja, ada juga manfaat tomat lainnya yang akan membuat anda gemar mengkonsumsi buah tomat.

Buah ini sering kali di manfaatkan sehari-hari untuk campuran makanan ataupun untuk kecantikan. Hal ini karena kandungan nutrisi yang ada di dalam tomat sangat baik bagi tubuh.

Seperti Vitamin A, B6, C, K dan berbagai macam mineral seperti folat, kalium, sodium, niacin, magnesium fosfor dan masih banyak yang lainnya.

Nah, berikut ini adalah macam-macam manfaat tomat bagi manusia.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat
Manfaat Tomat

 

1. Memerangi Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan di Indonesia. Faktor penyebab kanker juga sangat beragam. Seperti faktor keturunan, pola hidup yang tidak sehat, dan juga radikal bebas.

Dengan anda mengkonsumsi tomat yang kaya akan kandungan antioksidan, dan likopen mampu untuk memerangi pertumbuhan sel yang abnormal. Sehingga tubuh anda dapat terhindar dari resiko kanker yang berbahaya.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan likopen yang tinggi dalam tomat di percaya mampu untuk menjaga diri anda dari penyakit kardiovaskular.

Terlebih lagi kandungan beta karoten yang tinggi pada buah tomat di percaya ampuh menghindarkan dari sindrom metabolisme.

Sehingga anda dapat terhindar dari gangguan metabolisme yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, terutama kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Tingginya kandungan beta karoten pada tomat selain bermanfaat menjaga kesehatan jantung juga bermanfaat untuk mata. Karena kandungan beta karoten ini akan berubah menjadi vitamin A.

Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata, karena vitamin mampu untuk meningkatkan produktivitas retina. Terutama pada menginterprestasikan warna dan perkembangan mata.

4. Mengatasi Anemia

Kandungan mineral yang ada di tomat mempunyai kemampuan meningkatkan pertumbuhan hemoglobin. Sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang mengalami anemia.

5. Meningkatkan Sitem Imun Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat menghindarkan anda dari berbagai macam jenis penyakit. Hal ini di karenakan kandungan likopen pada buah tomat mampu untuk memperkuat sel imun.

Serta kandungan anti oksidan yang terdapat pada buah tomat juga sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Sehingga menjadikan tubuh anda menjadi lebih kebal dari berbagai jenis penyakit.

6.  Mencegah Hipertensi

Kandungan potasium yang tinggi di dalam buah tomat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi. Agar anda dapat terhindar dari hipertensi ada baiknya untuk mengurangi makanan yang mengandung sodium berlebih.

7. Mengurangi Rasa Sakit Athritis

Athritis adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh peradangan sendi. Jika anda terserang athritis maka ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi buah tomat.

Karena kandungan nutrisi pada tomat yang bersifat antiinflamasi mampu untuk meredakan rasa sakit yang di sebabkan oleh athritis.

8. Mencegah Penyakit Stroke

Tingginya vitamin yang ada di buah tomat terutama vitamin K sangat baik untuk mencegah pembekuan darah. Sehingga darah dalam tubuh anda dapat mengalir dengan lancar.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin D yang ada pada buah tomat sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang anda. Selain membuat tulang anda menjadi lebih sehat.

Kandungan vitamin D pada buah tomat juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga tulang anda terhindar dari berbagai masalah yang menyerang tulang.

10. Menyuburkan Pria dan Wanita

Bagi anda yang sedang menginginkan keturunan, mengkonsumsi buah tomat dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan tomat dapat membantu dalam proses spermatogenesis.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Gambar Masker Tomat
Gambar Masker Tomat. Via: www.anandabazar.com

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah tomat juga memiliki manfaat untuk wajah. Nah, berikut adalah manfaat tomat untuk wajah anda.

1. Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak wajah berlebih memang seringkali menjadi pemicu masalah wajah. Maka dari itu untuk anda yang memiliki wajah dengan minyak berlebih dapat memanfaatkan buah tomat ini.

Tingginya kandungan vitamin yang ada pada buah tomat mampu untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat masker tomat di campur dengan timun.

 

2. Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang salah satu masalah wajah yang paling umum. Biasanya wajah yang berjerawat membuat penampilan kita menjadi kurang menarik.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat mencampurkan antara buah tomat dan perasan air jeruk lemon. Selain dapat menghilangkan jerawat campuran ini juga dapat membuat kulit wajah anda menjadi halus.

 

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C dan E yang ada pada buah tomat mampu membuta kulit wajah anda cerah dan segar kembali.

 

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil
Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil. Via: gravimed.com.ua

Banyaknya kandungan nutrisi dan berbagai macam zat yang terkandung pada buah tomat sangat bagus untuk ibu hamil. Sehingga sangat di anjurkan bagi anda yang ingin memiliki kandungan yang sehat.

1. Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya sangat rentan untuk  terkena anemia atau darah rendah. Untuk mengatasi hal tersebut anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat.

Zat besi yang terkandung pada buah tomat sangat bagus untuk mengembalikan tekanan darah anda.

 

2. Membantu Perkembangan Siklus Sel

Senyawa likopen yang kaya akan anti oksidan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan komunikasi antar sel.

Ini akan sangat membantu dalam hal gap junction, sehingga mempercepat proses pembentukan sel-sel pada janin.

 

3. Membantu Pembentukan Sel Otak

Protein yang ada pada buah tomat memiliki peranan untuk membantu pertumbuhan sel otak pada janin. Sehingga otak janin dapat berkembang lebih cepat.

Selain itu juga dapat menjadi anti bodi bagi ibu hamil sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

 

4. Mencegah Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih, hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Selain dengan meminum air putih buah tomat juga dapat menjadi salah satu  solusinya.

 

Manfaat Jus Tomat

Gambar Jus Tomat
Gambar Jus Tomat. Via: tribunnews.com

Pada umumnya tomat dikonsumsi sebagai bahan tambahan masakan. Namun juga tidak jarang dijadikan sebagai jus yang menyegarkan.

Kandungan nutrisi yang tinggi pada buah tomat menjadikan jus tomat menjadi minuman yang kaya akan manfaat.

Nah, berikut ini telah kami rangkumkan manfaat jus tomat hanya untuk anda.

1. Mencegah Sembelit

Jika anda sering mengalami sembelit yang diakibatkan oleh masalah pencernaan. Maka mengkonsumsi jus tomat dapat menjadi solusinya.

Tingginya serat yang ada pada buah tomat mampu untuk melancarkan pencernaan anda dan juga membersihkan sisa sisa makanan yang ada pada usus anda.

 

2. Mengatasi Sariawan

Sariawan memang salah satu masalah mulut yang menyebalkan. Dengan anda mengkonsumsi jus tomat yang kaya akan vitamin C. Dapat mengatasi masalah sariawan anda.

Selain itu buah tomat juga memiliki kandungan anti bakteri dan inflamasi sehingga proses penyembuhan sariawan anda menjadi lebih cepat.

 

3. Baik Untuk Program Diet

Tingginya serat dan kalori yang ada pada buah tomat dapat membantu program diet anda jika mengkonsumsi secara teratur. Manfaat jus tomat untuk diet ini dipercaya mampu untuk menekan rasa lapar.

 

4. Memberikan Energi Tambahan

Jika anda termasuk orang yang gemar ber olahraga maka mengkonsumsi jus tomat dapat menjadi alterentif untuk meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan tingginya kalium yang ada pada jus tomat.

 

5. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol yang ada dalam tubuh anda dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit.

Dengan mengkonsumsi jus tomat secara rutin dan teratur di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh anda.

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Limau Kasturi

titan
4 min read

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *