titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Susu Kedelai

5 min read

Susu kedelai merupakan minuman yang sering kali dijadikan sebagai alternatif pengganti susu sapi. Meskipun kandungan kalori susu kedelai lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi.

Tetapi kandungan omega-3 yang ada pada susu kedelai lebih banyak dan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Berbicara manfaat susu kedelai kurang pas jika tidak membahas tentang apa saja yang terkandung di dalam susu kedelai. Berikut ini adalah kandungan susu kedelai yang baik untuk tubuh:

  • Kandungan vitamin yang tinggi, kedelai merupakan jenis polong-polongan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Contohnya adalah vitamin B12, Vitamin D Vitamin C dan masih banyak yang lainnya.
  • Memiliki kandungan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi, namun memiliki protein yang hampir sama.
  • Mengandung Zinc yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.
Gambar Susu Kedelai
Gambar Susu Kedelai

Nah setelah Anda mengetahui kandungan apa saja yang ada pada susu kedelai, selanjutnya adalah pembahasan tentang manfaat susu kedelai.

Manfaat susu kedelai ini sangat beragam seperti untuk kesehatan, untuk program diet, untuk kulit, untuk program ibu hamil dan menyusui.

 

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

 

Mencegah Osteoporosis

Gambar Osteoporosis
Gambar Osteoporosis

Kandungan vitamin D yang terdapat pada susu kedelai memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Seperti yang Anda ketahui jika kalsium merupakan unsur terpenting demi menjaga kepadatan tulang.

Nah, kandungan fitoesterogen yang ada pada susu kedelai memiliki manfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium. Sehingga membuat tulang lebih kuat dan tidak keropos.

 

Sebagai Pengganti Susu Sapi

Gambar Pengganti Susu Sapi
Gambar Pengganti Susu Sapi

Manfaat susu kedelai yang paling sering di dengar adalah sebagai pengganti susu sapi. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang dapat memecah lactosa sehingga menimbulkan alergi.

Sehingga demi terpenuhinya asupan mineral bagi tubuh, terutama bagi bayi yang masih berusia dibawah 5 tahun, meminum susu kedelai dapat menjadi solusinya.

Karena seperti yang telah diketahui, jika di dalam dua gelas susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan protein sebanyak 30%.

Namun ada baiknya sebelum mengganti susu sapi dengan susu kedelai, Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda.

 

Anti Kanker

Gambar Anti Kanker
Gambar Anti Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh yang membuat penderitanya merasakan kesakitan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu kanker juga jarang terdeteksi sejak dini sehingga tidak ada penanganan lebih awal.

Nah salah satu makanan yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh adalah kedelai.

Mengkonsumsi kedelai dapat menurunkan resiko terkena serangan kanker prostat dan kanker payudara.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Gambar Menjaga Kesehatan Jantung
Gambar Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung, lantas mengapa jantung harus di jaga kesehatannya?

Karena jantung merupakan organ terpenting bagi manusia setelah otak. Karena dari jantung ini darah dapat di pompa ke seluruh tubuh.

Sehingga sistem tubuh dapat berjalan dengan lancar, kemudian bayangkan jika jantung Anda tidak sehat.

Sudah pasti akan muncul berbagi macam permasalahan. Selain itu jika jantung Anda tidak sehat maka memiliki resiko terkena serangan jantung

Susu kedelai di sini berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang sering kali menghambat pembuluh darah.

 

Mengatasi Migrain

Gambar Migrain
Gambar Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah memang sering kali menyerang tanpa memberikan tanda-tanda.

Ini tentu sangat mengganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Pada umumnya perempuan lebih sering mengalami migrain jika di bandingkan dengan pria.

Nah, dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat mencegah terjadinya migrain.

 

Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang di sebabkan oleh kadar gula berlebih yang tidak dapat di proses secara sempurna.

Orang yang sudah terkena diabetes biasanya terlihat lesu dan lemas. Selain itu jika terjadi luka maka akan sangat sulit untuk kering,

Dengan Anda mengkonsumsi susu kedelai dengan teratur dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit diabetes.

 

Kaya Akan Anti Oksidan

Gambar Makanan Kaya Antioksidan
Gambar Makanan Kaya Antioksidan

Anti oksidan yang ada di dalam susu kedelai bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit yang berbahaya.

Di dalam susu kedelai terdapat efek anti oksidan yang mampu untuk melindungi hati dan menurunkan stress oksidatif serta kerusakan dalam tubuh.

Susu kedelai ini sangat cocok jika di konsumsi oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause. Karena wanita yang sudah memasuki masa ini akan sangat rentan terkena penyakit kronis yang berhubungan dengan penuaan dan hormon.

Hal ini di sebabkan oleh kandungan isoflavone yang terkandung di dalam susu kedelai. Kandungan ini berperan meningkatkan kekebalan tubuh dan kerusakan yang di sebabkan kerusakan oksidatif DNA.

 

Melancarkan Pencernaan

Gambar Pencernaan Lancar
Gambar Pencernaan Lancar

Sistem pencernaan jika terganggu dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Apalagi jika hal ini di biarkan terus menerus.

Maka berbagai macam jenis penyakit akan bermunculan menyerang diri Anda. Nah oleh karena itu menjaga pencernaan tetap lancar adalah suatu hal yang penting.

Salah satu caranya adalah meminum susu kedelai. Kandungan isoflavone yang ada di susu kedelai mampu meningkatkan penyerapan sari-sari makanan.

Sehingga sistem pencernaan dapat menjadi lebih lancar.

 

Mencegah Gangguan Pendengaran

Gambar Masalah Pendengaran
Gambar Masalah Pendengaran

Gangguan pendengaran memang seringkali membuat perasaan tidak nyaman, apalagi ketika sedang mengadakan komunikasi. Tentu ini sangat mengganggu.

Nah untuk mencegah gangguan ini terjadi pada diri Anda, maka anda perlu meminum susu kedelai.

Kandungan zat besi dan seng yang ada pada susu kedelai membantu memperluas kapiler, melancarkan darah merah dan menyalurkan oksigen ke telinga.

 

Menurunkan Berat Badan

Gambar Membantu Penurunan Berat Badan
Gambar Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, meminum susu kedelai  bisa menjadi salah satu menu yang harus masuk kedalam list minuman yang harus di konsumsi.

Susu kedelai di percaya memiliki kandungan gula yang rendah jika harus di bandingkan dengan susu yang lainnya.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada susu kedelai dapat mencegah penyerapan lemak berlebih pada usus. Sehingga sangat baik untuk program diet.

Baca Juga: Manfaat Gula Batu Untuk Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, susu kedelai juga bermanfaat untuk ibu hamil. Ini di sebabkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu kedelai sangat melimpah.

Seperti yang kita ketahui bersama jika ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan janin yang ada di dalam perutnya.

Maka dari itu kebutuhan gizi ibu dan anak haruslah terpenuhi. Karena jika tidak akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut telah kami rangkumkan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

 

Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi

Gambar Perkembangan Bayi
Gambar Perkembangan Bayi

Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang melimpah pada susu kedalai mampu membantu proses perkembangan bayi dalam kandungan.

Karena nutrisi-nutrisi ini mampu untuk mempercepat proses pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan mata serta mencegah terjadinya keguguran.

Selain itu kandungan protein yang terdapat pada susu kedelai mampu mempercepat proses berkembangnya organ bayi dalam kandungan.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Gambar Ibu Hamil Sehat
Gambar Ibu Hamil Sehat

Seperti yang kita ketahui bersama kesehatan ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kandungannya.

Oleh sebab itu kesehatan ibu hamil harus selalu di tingkatkan. Agar terhindar dari serangan virus dan bakteri penyebab menurunnya kesehatan ibu hamil.

Meminum susu kedelai juga merupakan cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Hal ini di karenakan nutrisi yang lengkap dan kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

 

Mempercepat Pemulihan Pasca persalinan

Gambar Pasca Persalinan
Gambar Pasca Persalinan

Persalinan merupakan masa di mana kesempatan hidup dan mati seorang ibu akan di uji. Selain itu persalinan juga menjadi jalan bagi si bayi untuk menempuh kehidupan di dunia.

Bagi sebagian ibu pasti ingin melahirkan anaknya dengan proses persalinan yang normal, namun ada juga yang memilih dengan cara operasi (Caesar)

Dalam proses persalinan biasanya akan merusak banyak sekali sel tubuh, maka dari itu untuk mempercepat pemulihan sel-sel yang rusak Anda dapat mengatisanya dengan meminum susu kedelai.

Kandungan protein yang tinggi pada susu kedelai dapat dengan cepat memperbaiki sel-sel yang rusak tadi.

 

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan baik untuk ibu hamil. Susu kedelai juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan Anda. Berikut adalah penjelasannya.

 

Mencegah Rambut Rontok

Gambar Rambut Rontok Parah
Gambar Rambut Rontok Parah

Rambut rontok memang merupakan momok yang menakutkan bagi kaum hawa. Bukan hanya bagi kaum wanita rambut rontok juga menjadi masalah bagi pria.

Jika ini terus di biarkan maka lambat laun kepala Anda kan menjadi botak dan tentu ini akan mengurangi kegantengan atau kecantikan Anda.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan di  PLOS ONE yang di lakukan pada orang Taiwan menunjukan hasil bahwa dengan banyak mengkonsumsi kedelai dapat merendahkan alopecia androgenic.

Alopecia androgenic adalah hormon yang menjadi pemicu rambut rontok.

 

Mencegah Penuaan Dini

Gambar Mencegah Penuaan
Gambar Mencegah Penuaan

Berdasarkan penelitian yang termuat di dalam jurnal of Nutritional Sains dan Vitaminology yang di terbitkan di Jepang.

Menyebutkan jika konsumsi kedelai selama lebih dari 12 minggu bisa menjadikan kulit wanita usia 40-an terlihat 10 tahun lebih muda.

 

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Jeruk Lemon

titan
9 min read

Manfaat Jelly Gamat Gold-G

titan
3 min read

Manfaat Rebusan Kulit Manggis

titan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *