titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Qurban

2 min read

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat. Dalam Islam juga kurban disebut dengan al-udhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti sapi, kambing, domba, kerbau dan unta. Dalam Islam juga dijelaskan berbagai macam manfaat qurban bagi setiap umat.

Gambar Domba Untuk Qurban
Gambar Domba Untuk Qurban. Via: Cermati.com

Qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzul hijjah yang dilaksanakan oleh semua umat muslim di dunia. Baik mereka yang sedang melaksanakan haji atau tidak. Pada tanggal 10 Dzul Hijjah umat Islam disunnahkan menyembelih hewan qurban lalu di bagikan kepada seluruh umat islam di daerah tersebut.

Manfaat Qurban

 

Manfaat Berqurban Bagi Umat Muslim

Berkurban sendiri memberikan banyak sekali manfaat baik bagi yang berkurban ataupun yang nantinya akan menerima daging kurban tersebut. Sehingga hubungan antara masyarakat menjadi lebih baik.

Gambar Manfaat Berqurban
Gambar Manfaat Berqurban. Via: Maksnik.com

Dengan berkurban juga menunjukan ke-Islaman kita. Karena dengan ibadah kurban yang sangat identik ini menunjukan jadi diri umat Islam yang sesungguhnya. Hal ini juga di apresiasi dari umat agama lain.

Berqurban juga akan menjadikan kita menjadi golongan orang yang tidak lupa untuk bersyukur kepada Allah SWT. Berkurban adalah salah bentuk kecintaan kita kepada Allah SWT.

Manfaat Qurban di Akhirat

Selain manfaat qurban bagi umat muslim ada juga manfaat berkurban di akhirat. Malah begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh jika di akhirat nanti. Pahala yang berlimpah di berikan sebagai ganjaran orang-orang yang berkurban dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT.

Gambar Mafaat Qurban di Akhirat
Gambar Mafaat Qurban di Akhirat. Via: hensi.wordpress.com

Seperti yang pernah di riwayatkan pada hadist Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan krban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.”

Sahabat Ali ra juga mengatakan kebaikan yang kita peroleh jika kita berkurban adalah “Barang siapa berangkat dari rumah untuk membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukan serta dinaikan 10 derajat.” (Jawahir Zadah).

Membantu Usaha Peternakan

Kita berqurban sudah pasti harus ada hewan yang akan kita qurbankan. Dan untuk mendapatkan hewan tersebut maka kita harus membelinya di peternakan hewan. Dengan demikian dapat membantu usaha peternak agar bisa semakin berkembang.

Gambar Manfaat Qurban Bagi Peternak
Gambar Manfaat Qurban Bagi Peternak. Via: blog.act.id

Selain itu kita juga dapat berbagi kebahagiaan kepada penjual ternak. Karena mereka dapat mendapatkan penghasilan yang nantinya dapat meneruskan usahanya dan dapat menambah rejeki keluarganya.

Terus Bagaimana dengan orang yang memiliki kemampuan untuk berqurban namun tidak melaksanakannya?

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dan Ibn Majah

“Dari Abu Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mempunyai kemampuan tetapi tidak berkurban, maka janganlah ia menghampiri tempat sholat kami.”

Disini dijelaskan bahwa bagi orang yang mampu namun tidak berqurban dia tidaklah boleh untuk mengampiri tempat sholat umat muslim. Hal ini membuktikan bahwa berqurban adalah salah satu jenis ibadah yang benar-benar dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

Kesalahan Dalam Berqurban

Namun akan berbeda jika kita berkurban hanya berdasarkan dengan niat yang bukan karena Allah. Seperti ria, kesombongan, harga diri dan sifat tercela lainnya. Hal tersebut malah akan menjadikan rontoknya pahala yang seharusnya kita dapat.

Menyembelih hewan qurban namun tidak mengetahui kriteria dari hewan yang boleh diqurbankan. Kita seharusnya mengetahui syarat-syarat hewan boleh diqurbankan. Jika tidak ini malah akan membuat kita tidak mendapatkan apa-apa.

Gambar Syarat Hewan yang Boleh Untuk Qurban
Gambar Syarat Hewan yang Boleh Untuk Qurban. Via: rsikotamagelang.com

Ciri-ciri binatang tidak diperbolehkan untuk Qurban.

  1. Yang terlihat penyakitnya dengan jelas.
  2. Buta dan jelas terlihat kebutaanya.
  3. Terlalu kurus, sehingga sum-sum tulangnya tidak ada.
  4. Cacat (hilang sebagian besar telinga dan tanduknya).

Ada juga binatang yang tidak di bolehkan untuk menjadi hewan qurban.

  1. Ashma’ (Kulit tanduknya pecah)
  2. Umya’ (Buta)
  3. Tauta’ (tidak digembalakan, mencari makan di perkebunan)
  4. Hatm’ (Ompong gigi depannya, seluruhnya)
  5. Jarba’ (Banyak penyakit kudisnya)

Sekian artikel tentang manfaat qurban semoga dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat bagi anda. Makin banyak tau makin banyak ilmu.

Pencarian terbaru:

  • manfaat qurban
  • manfaat qurban di akhirat
titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Limau Kasturi

titan
4 min read

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *