titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Kulit Manggis

7 min read

Manggis atau Garcinia mangostana L adalah buah yang dipercaya mempunyai kandungan anti oksidan tertinggi di dunia jika dibandingkan dengan buah yang lainnya.

Hal inilah yang menjadikan manggis menjadi bahan penelitian di luar negeri. Mereka ingin mengetahui apa saja manfaat dari buah manggis.

Namun perlu di ketahui kulit manggis juga mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga banyak sekali pengobatan herbal yang memanfaatkan kulit manggis.

Manfaat Kulit Manggis
www.voa-islam.com

Nah disini kami juga sudah merangkum tentang apa saja manfaat kulit manggis bagi manusia. Bagi kamu yang penasaran dengan apa manfaat kulit manggis bagi manusia. Yuk kita simak artikel ini bersama.

 

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

1). Untuk Kecantikan

tipskecantikanalami.web.id
tipskecantikanalami.web.id

Buah manggis yang kaya akan antioksidan ini mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan kulit. Pada masalah ini kita akan memanfaatkan kulit manggisnya saja.

Hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit manggis mampu untuk menghasilkan kolagen yang bermanfaat untuk meremajakan kulit. Sehingga kulit menjadi lebih kencang dan juga halus.

Nah terus cara yang di gunakan untuk mengolah kulit manggis ini juga cukup mudah. Kita dapat mengubah kulit manggis ini menjadi jus ataupun dapat kita ubah menjadi masker.

Berikut adalah cara yang biasa di gunakan untuk mengolah kulit maggis.

 

A. Diolah Menjadi Masker

penulispro.com
penulispro.com

Masker kulit manggis biasa dimanfaatkan untuk perawatan dari luar. Biasanya ini berhubungan dengan masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, penuaan dini dan sebagainya.

Nah untuk masalah diatas kalian dapat memanfaatkan bagian dalam kulit manggis yang lunak. Lalu masukan kedalam blender, kemudian tambahkan sedikit air. Jangan sampai masker ini encer. Setelah jadi oleskan di wajah atau bagian kulit yang ingin di rawat.

Setelah masker dioleskan secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 20-30menit. Lakukan perawatan ini dengan teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu. Namun jika ingin hasilnya maksimal maka lakukan pada malam hari.

Seperti yang kita ketahui kulit kita akan mulai bekerja di malam hari. Sehingga nutrisi yang ada pada masker kulit manggis ini dapat di serap secara maksimal. Dan hasilnya pun akan memuaskan.

 

B. Diolah Menjadi Jus Kulit Manggis

kabar-terbaruu.blogspot.com
kabar-terbaruu.blogspot.com

Jus kulit manggis di manfaatkan untuk perawatan dari dalam. Rasanya yang agak pahit agak sepat ini memang tidaklah enak jika dibandingkan dengan jus-jus yang lainnya. Namun jangan salah jika khasiat dari minuman ini sungguh luar biasa.

Sama dengan membuat masker kulit manggis kita dapat memanfaatkan bagian dalam kulit manggis. Masukan kulit manggis sesuai dengan selera bisa 1 atau 2. Kemudian potong kecil-kecil dan masukan kedalam blender. Masukan air secukupnya.

Jika rasa dari jus kulit manggis ini tidak enak maka kalian dapat menambahkan madu sebagai perasa manis. Minumlah jus ini secara rutin  yaitu 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini adalah manfaat kulit manggis untuk kecantikan.

 

  • Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang salah satu masalah kulit yang membuat malas. Karena keberadaannya di wajah kita membuat penampilan menjadi menurun. Lah untuk mengatasi masalah ini kita dapat memanfaatkan masker kulit manggis.

Dijamin masalah jerawat pada wajah akan hilang dan tidak kembali lagi ke wajah kita. Ini di sebabkan kandungan nutrisi yang ada pada kulit manggis mampu untuk menangkal tumbuhnya jerawat di wajah kita.

 

  • Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang kusam seringkali membuat kita menjadi kurang merasa percaya diri. Kita sering bingung untuk menentukan baju yang cocok untuk kita kenakan jika memiliki kulit yang kusam dan tidak cerah.

Nah untuk masalah seperti ini kita juga dapat memanfaatkan masker kulit manggis. Kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin yang ada di kulit manggis mampu untuk mengembalikan kecerahan kulit dan menjadi lebih putih.

 

  • Mengencangkan dan Mencegah Penuaan Dini

Kulit wajah yang terlihat kendur ini membuat kita menjadi tampak lebih tua. Hal ini di sebabkan dari pola hidup kita yang tidak benar dan kulit tidak mendapat asupan nutrisi. Sehingga menjadi lebih kendur dan terlihat lebih tua.

Untuk masalah ini kita juga dapat memanfaatkan masker kulit manggis. Kandungan antioksidan pada kulit manggis mampu untuk menghasilkan kolagen. Seperti yang kita tahu bahwa kolagen ini berperan penting untuk menjaga kelenturan kulit.

Sehingga kulit kembali kencang dan mencegah terjadinya penuaan dini. Ini membuat penampilan kita menjadi lebih menarik.

 

  • Menghancurkan Lemak Dalam Tubuh

Lemak yang berlebih di dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah masalah kecantikan. Jika kita mempunyai lemak yang banyak dalam tubuh membuat kita terlihat kurang menarik.

Nah kulit manggis ini juga mampu untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan kita mengkonsumsi jus kulit manggis.

Kandungan nutrisi yang ada pada kulit manggis dipercaya mampu untuk menghancurkan lemak dalam tubuh. Sehingga jus ini juga dapat dijadikan sebagai ramuan diet alami.

Kulit manggis ini selain bermanfaat untuk mengatasi masalah kecantikan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena seperti yang kita ketahui jika kulit manggis ini mengandung 40 senyawa kimia alami yang bernama xhantones.

Di dalam xhantones ini juga terdapat senyawa seperti alpha mangostin, garcinone E dan gamma mangostin, selain senyawa ini ada juga senyawa yang terdapat pada kulit manggis.

Senyawa yang terdapat di dalam kulit manggis mampu untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Sehingga banyak obat herbal yang memanfaatkan ekstrak kulit manggis sebagai bahan utamanya.

Nah berikut ini adalah manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang telah kami rangkumkan untuk kalian semua. Semoga dapat memberikan manfaat.

 

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

1).  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

www.dream.co.id
www.dream.co.id

Jika kita memiliki kekebalan tubuh yang baik maka diri kita akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Maka dari itu sistem kekebalan di tubuh kita harus benar-benar dijaga. Sehingga kita memiliki tubuh yang sehat dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kita juga dapat memanfaatkan ekstrak kulit manggis. Seperti yang diketahui jika didalam kulit manggis terdapat antioksidan aktif yang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Hal ini juga menjadikan tubuh kita terhindar dari resiko kanker dan penyakit lainnya. Karena antioksidan ini mampu melindungi diri dari serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

 

2). Mencegah Penyakit Jantung

www.triadhospitals.com
www.triadhospitals.com

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia, Penyakit jantung ini juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak benar dan juga bisa karena keturunan.

Penyakit jantung sering kali menyerang penderitanya secara tiba-tiba. Maka dari itu kita harus tetap menjaga kondisi kesehatan jantung kita.

Seperti dengan membiasakan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang dapat memicu penyempitan pembuluh darah.

Selain itu kita juga dapat memanfaatkan kulit manggis sebagai minuman sehat yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Pada umumnya penyakit jantung terjadi karena penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak yang berlebih.

Dengan kita rutin untuk meminum ekstrak kulit manggis Insya Allah lemak jahat dalam tubuh akan rontok. Sehingga jantung kita terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

 

3). Mencegah dan Mengobati Kanker

hellosehat.com
hellosehat.com

Kanker adalah penyakit yang disebabkan dari proses pertumbuhan sel yang cepat (abnormal) dan akan menyerang bagian tubuh terdekat. Kanker sendiri di bedakan menjadi beberapa stadium.

Penyakit kanker ini bisa di sebabkan oleh radikal bebas, pola hidup dan juga bisa disebabkan oleh keturunan. Nah untuk mengatasi masalah ini kita dapat memanfaatkan kulit manggis yang kaya akan antioksidan.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian disebutkan jika kandungan senyawa yang terdapat pada kulit manggis mampu untuk mencegah bahkan menghancurkan sel kanker. Ini disebabkan sifat dari senyawa yang anti proliferasi danapoptosis.

 

4). Mengobati Diabetes

www.guesehat.com
www.guesehat.com

Diabetes bisa terjadi oleh siapa saja dan di usia berapa saja. Sehingga kita harus benar -benar menjaga kesehatan. Diabetes ini juga di bedakan menjadi dua jenis yaitu diabetes kering dan diabetes basah.

Diabetes sendiri adalah kondisi dimana gula dalam darah terlampau tinggi.

Hal inilah yang menjadikan penderita diabetes menjadi lebih lesu dan kurang bersemangat. Jika gula dalam tubuh tidak cepat-cepat di netralkan maka ini akan memberikan dampak yang negatif.

Maka dari itu kita juga dapat memanfaatkan ekstrak kulit manggis ini sebagai obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kulit manggis di percaya ampuh untuk mengurangi kadar gula yang ada di dalam darah.

 

5). Menurunkan Kolesterol

www.viva.co.id
www.viva.co.id

Kolesterol bisa di sebabkan oleh makanan yang kurang sehat. Biasanya makanan yang mengandung banyak kolesterol adalah makanan yang berminyak.

Kolesterol inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung.

Untuk mengatasi agar kolesterol tidak terus bertambah kita dapat menjadikan kulit manggis sebagai ramuan alami yang aman bagi tubuh.

 

6). Mengobati TBC

id.toluna.com
id.toluna.com

TBC atau tuberculosis adalah penyakit yang menyerang bagian paru-paru seseorang. Orang yang mengidap TBC pada umumnya memiliki daya tubuh yang lemah dan juga batuk berdarah.

Biasanya TBC juga disebabkan oleh virus Mycobacterium Tuberculosis yang biasa tersebar di udara dan ini bisa menular karena kontak dengan orang yang mengidap TBC.

Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa memanfaatkan kulit manggis sebagai alternatif pengobatan herbal. Walaupun sudah menggunakan obat herbal kalian juga harus mengkonsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter yang berpengalaman.

 

7). Menyembuhkan Sariawan

www.alodokter.com
www.alodokter.com

Sariawan memang memberikan rasa sakit yang luar biasa. Jika mulut kita terkena sariawan membuat kita sulit untuk makan. Karena rasa sakit yang amat sangat jika tersentuh.

Ini membuat kenikmatan saat makan menjadi berkurang. Selain sulit untuk makan sariawan juga membuat kita malas untuk berbicara. Nah pada umumnya sariawan di sebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C.

Untuk mengatasi masalah ini kita dapat memanfaatkan ekstrak kulit manggis yang kaya akan vitamin. Sehingga sariawan yang menyerang dapat segara teratasi.

Caranya adalah dengan menggunakan air ekstrak kulit manggis sebagai obat kumur.

 

8). Mengatasi Asma

lagizi.com
lagizi.com

Asma pada umumnya terjadi karena beberapa faktor, seperti keturunan keluarga, alergi, infeksi saluran pernafasan. Asma sendiri bukanlah penyakit yang menular namun dapat di turunkan.

Asma sendiri tidak dapat disembuhkan secara total hanya saja bisa diatasi. Salah satu obat alternatifnya adalah kulit manggis. Berbagai macam senyawa yang terkandung pada kulit manggis mampu untuk mengatasi asma.

 

9). Mengobati Diare

litbang.kemendagri.go.id
litbang.kemendagri.go.id

Diare adalah salah satu jenis penyakit yang sering di akibatkan oleh bakteri E. Colli dan ada ribuan bakteri pantogen yang dapat menginfeksi saluran pencernaan. Orang yang terkena diare sangat dianjurkan untuk banyak meminum air putih.

Karena cairan dalam tubuh akan sangat terkuras sehingga perlu cairan pengganti. Jika tubuh dibiarkan kekurangan cairan ini akan berdampak buruk bagi tubuh. Bisa saja masalah penyakit baru dapat muncul dan memperparah kondisi.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat memanfaatkan kulit manggis sebagai obat alternatif. Kandungan anti bakteri yang terkandung dalam kulit manggis mampu untuk melemahkan bakteri penyebab diare.

Selain masalah diatas kulit manggis juga bermanfaat untuk:

  • Meredakan Radang Sendi
  • Mengobati Lupus
  • Mencegah Penyakit Pada Gusi
  • Mencegah Terjadinya Sindrom Usus Besar
  • Menurunkan Penyakit GERD (Asam Lambung)
  • Memperbaiki sel-sel yang rusak
  • Mengobati Wasir
  • Sebagai Antibiotik
  • Mencegah Terjadinya Leukimia
  • Melancarkan Peredaran Darah

 

Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

 

Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Kulit manggis juga dapat dipadukan dengan bahan alami lainnya, seperti daun sirsak. Daun sirsak memang sudah sejak dari zaman dahulu digunakan sebagai ramuan herbal yang baik untuk tubuh.

www.kelenjargetahbening.mherbal.com
www.kelenjargetahbening.mherbal.com

Daun sirsak juga mengandung banyak sekali senyawa yang mampu untuk menjaga kekebalan tubuh. Kandungan daun sirsak antara lain Lipid, Isoquinoline, lactones. Wah tentu bisa di bayangkan jika kedua bahan ini di padukan.

Ini akan menjadi obat herbal yang Insya Allah untuk mengatasi berbagai masalah. Manfaat kulit manggis dan daun sirsak juga sekarang dapat dirasakan secara langsung.

Karena saat ini sudah banyak produsen obat herbal yang memproduksi ekstrak kulit manggis dan sirsak. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk membuatnya sendiri.

 

Demikian adalah pembahasan tentang manfaat kulit manggis. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat.

Perlu kalian catat juga adalah jika kalian ingin medapatkan hasil yang maksimal, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tepat.

Hal ini bertujuan agar kalian tidak salah dalam mengobati atau mengatasi masalah kesehatan yang sedang di derita. Sekia dan terima kasih.

Pencarian terbaru:

  • manfaat masker kulit manggis
titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Limau Kasturi

titan
4 min read

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *