titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Daun Seledri

4 min read

Seledri (Apium graveolens L.) adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Seledri selain dapat di gunakan sebagai bahan makanan, dapat juga di manfaatkan sebagai obat herbal. Bahkan di Eropa seledri dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya.

Gambar Daun Seledri
Gambar Daun Seledri

Daun seledri sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti asam amino esensial, asam folat, vitamin A, B1,B2, B3, B5, C, E, dan vitamin K. Selain asam dan vitamin daun seledri juga kaya akan mineral, seperti potasium, magnesium, kalsium, natrium, fosfor dan zat besi.

Tapi apakah anda tau apa saja manfaat daun seledri bagi kehidupan manusia? jika belum, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Gambar Jus Daun Seledri
Gambar Jus Daun Seledri

1. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Jika ginjal anda dapat berfungsi dengan baik maka anda tidak akan mudah untuk terserang penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun seledri dapat memperbaiki kinerja ginjal.

Sehingga ginjal dapat menyaring, mengendalikan, dan mengeluarkan racun yang ada di dalam kandungan makanan.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda penderita hipertensi daun seledri dapat di jadikan sebagai obat yang dapat menstabilkan tekanan darah. Hal ini di sebabkan oleh kandungan zat flavonoid yang ada di dalam daun seledri.

Jika anda mengkonsumsi daun seledri dengan rutin dan teratur. Maka dapat menstabilkan tekanan darah agar tidak naik kembali.

 

3. Mengobati Sembelit

Perut semebelit dapat menimbulkan berbagi macam perasaan yang tidak mengenakan. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat memanfaatkan daun seledri sebai solusinya. Ini di sebabkan karena kandungan asam amino esensial dan vitamin yang ada di dalam daun seledri.

Sehingga dapat melancarkan buang air besar dan menghindarkan dari sembelit.

 

4. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah dalam tubuh berada lebih rendah dari biasanya. Orang yang terkena anemia biasanya memiliki gejala seperti lelah, sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

Jika anda sudah merasakan beberapa gejala seperti diatas dan pernah mempunyai riwayat anemia maka alangkah baiknya untuk mengkonsumsi daun seledri. Kandungan zat besi yang ada di dalam daun seledri mampu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh anda.

 

5. Mengatasi Obesitas

Memiliki berat badan berlebih memang dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Obesitas juga dapat disebabkan oleh pola makan yang berlebih. Kandungan nutrisi yang ada dalam seledri mampu untuk menekan rasa lapar.

Sehingga anda dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Selain itu seledri juga ber manfaat untuk menstabilkan berat badan. Sehingga tidak mudah untuk terkena obesitas.

 

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Seledri mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh contohnya asam fenolat dan senyawa fitokimia. Dua kandungan nutrisi ini mampu untuk menghancurkan pertumbuhan sel abnormal yang dapat menjadi pemicu kanker.

 

7. Melindungi Jantung

Kandungan asam amino esensial yang ada dalam daun seledri mampu untuk menyehatkan jantung. Jika jantung anda sehat maka akan selalu lancara dalam memompa darah keseluruh tubuh. Sehingga terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

 

8. Menstabilkan Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit yang serius. Maka dari itu harus di kontrol dengan cara konsumsi seledri. Kandungan nutrisi lengkap yang ada pada seledri dipercaya mampu untuk memecah dan mengancurkan penggumpulan gula darah.

 

9. Menyehatkan Lambung

Lambung adalah bagian terpenteng dalam sistem pencernaan. Karena di dalam lambung terdapat HCL yang berperan sebagai penghancur makanan. Selain itu HCL ini juga selalu menggerus bagian dinding lambung.

Maka dari itu untuk menjaga kondisi lambung tetap sehat anda dapat mengkonsumsi seledri. Yang mempunyai manfaat sebagai anti peradangan. Sehingga lambung tetap sehat.

 

10. Mengobati Rematik

Rasa nyeri yang di sebabkan oleh rematik memang sangatlah tidak mengenakan. Dengan anda mengkonsumsi daun seledri secara rutin dapat mengurangi zat purin dalam persendian yang menjadi penyebab kadar asam pada urat terus berambah.

 

11. Mengatasi Mata Kering

Mata yang kering seringkali mengganggu aktivitas anda. Sesekali anda ingin sekali mengucek mata. Namun hal itu jangan di lakukan, karena dapat menyebabkan iritasi dan bisa memperparah kondisi. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan daun seledri.

 

12. Menyehatkan Saluran Usus

Dengan usus yang sehat maka penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik. Sehingga tubuh tidak akan kekurangan nutrisi. Nah, dengan anda mengkonsumsi seledri dapat memelihara usus anda tetap sehat.

Karena kandungan nutrisi yang ada pada seledri mampu untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih ada di dalam usus. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menjadi pemicu tumbuhnya gangguan kesehatan pada diri anda.

 

13. Menyehatkan Empedu

Empedu adalah bagian terpenting pada hati anda, jika empedu tidak sehat maka akan banyak sekali penyakit yang akan menyerang anda. Seledri adalah salah satu makanan yang berfungsi menjaga kesehatan empedu.

Hal ini dikarenakan seledri bersifat sebagai anti oksidan yang kuat dan bersifat diuretik yang dapat membantu membersihkan empedu. Sehingga empedu tetap dalam kondisi sehat.

 

14. Mengurangi Peradangan

Seledri mempunyai kandungan antioksidan dan plisakarida yang biasanya dikenal sebagai anti imflamasi atau anti peradangan. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dengan cara melawan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab peradangan.

 

15. Mengatasi Parkinson dan Stroke

Daun seledri dapat digunakan sebagai obat parkinson dan stroke. Hal ini di dasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di universitas Suzhou, China. Bahwa seledri  mampu untuk menurunkan kerusakan sel saraf akibat parkinson dan stroke.

 

16. Mengatasi Alzeimer

Alzeimer adalah salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan jika anda yang memiliki usia muda tidak terkena penyakit ini.

Beradasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika telah membuktikan bahwa seledri memiliki kandungan senyawa yang dapat melindungi sel syaraf yang terdapat pada tuubuh anda.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

Gambar Masker Daun Seledri
Gambar Masker Daun Seledri

Tingginya kandungan vitamin yang ada di dalam seledri banyak di manfaatkan untuk beberapa produk kecantikan. Nah, jika anda penasaran tentang apa saja manfaat daun seledri bagi kecantikan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

1. Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin yang ada pada seledri mampu untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya adalah dengan mengubah daun seledri menjadi masker alami. Oleskan masker ini keseluruh bagian wajah kemudian dimakan sampai kering, kemudian bilas dengan air bersih.

 

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat dilawan dengan menggunakan masker seledri. Kandungan vitamin A, C dan E yang ada pada seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Selain itu kandungan mineral dalam seledri juga mampu untuk menjada kulit wajah anda tetap cantik dan bersinar.

 

3. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang dapat menimbulkan banyak masalah. Seperti wajah menjadi terlihat lebih kusam dan timbulnya jerawat. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat memanfaatkan daun seledri sebagai solusinya.

Caranya adalah potong-potong kecil daun seledri kemudian tuangkanlah air mendidih pada potongan daun seledri. Setelah itu diamkan biar dingin, kemudian gunakanlah air rendaman tadi  untuk mencuci wajah.

 

4. Menyuburkan Rambut

Tingginya kandungan vitamin yang ada pada seledri dapat di manfaatkan untuk menyuburkan dan memperbaiki rambut yang rusak. Biasanya kerusakan pada rambut terjadi karena sengatan sinar matahari dan bahan kimia.

Nah, dengan menggunakan seledri maka kutikula dan akar rambut kembali menjadi sehat, akarnya kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu rambut dapat tumbuh lebat kembali.

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Limau Kasturi

titan
4 min read

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *