titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Manfaat Buah Naga Merah

4 min read

Buah yang berasal dari daratan Amerika ini memang saat ini sudah sangat mudah di temukan di Indonesia. Terlebih lagi sekarang sudah banyak sekali petani yang membudidayakannya.

Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang selalu bertambah dan juga manfaat dari buah naga merah yang sangat baik untuk tubuh.

Hampir semua bagian pada buah naga ini dapat dimanfaatkan, mulai dari kulit, daging dan batang. Berikut ini adalah ulasannya.

 

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Gambar Buah Naga Merah Segar
Gambar Buah Naga Merah Segar. Via: www.foodhealthwealth.com

1. Menyembuhkan Penyakit Kanker

Kandungan vitamin kompleks yang ada pada buah naga merah memiliki manfaat untuk membantu tubuh dalam melawan sel kanker.

Selain itu kandungan anti oksidan yang tinggi juga mampu untuk menghadang radikal bebas sehingga tetap menjaga kekebalan tubuh anda.

Para dokter juga sangat merekomendasikan bagi penderita kanker untuk mengkonsumsi buah naga merah secara rutin. Karena hal ini bertujuan untuk membantu proses terapi dan mempercepat kesembuhan.

 

2. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan nutrisi pada buah naga merah memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran sel darah merah.

Jika darah dalam tubuh anda dapat berjalan dengan lancar maka akan menghindarkan diri anda dari berbagai macam jenis penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

 

3. Melancarkan Pencernaan

Tingginya kandungan serat yang ada di dalam buah naga merah sangat berperan penting dalam proses pencernaan.

Sehingga limbah makanan yang ada di dalam usus anda dapat di keluarkan melalui proses buang air besar.

 

4. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah persendian terutama osteoporosis sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga ini.

Buah yang kaya akan kandungan vitamin D ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini juga merupakan manfaat buah naga merah untuk jangka panjang.

Dengan anda rutin mengkonsumsi buah naga merah dapat menghindarkan dari resiko osteoporosis.

 

5. Membantu Proses Penyembuhan Diabetes

Jika anda penderita penyakit diabetes maka buah naga merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun buah naga memiliki rasa yang manis, namun rasa manis ini bukan berasal dari glukosa. Sehingga aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.

 

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Gambar Buah Naga Merah
Gambar Buah Naga Merah. Via: www.sohu.com

Tingginya kandungan nutrisi yang ada pada buah naga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Terlebih lagi kandungan anti oksidan yang tinggi dalam buah naga merah mampu untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang menyebabkan anda terserang penyakit.

 

7. Mengatasi Hipertensi

Tingginya kandungan vitamin B3 pada buah naga merah memiliki manfaat untuk menstabilkan tekanan darah anda. Sehingga bagi anda penderita hipertensi sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah naga merah.

 

8. Mencegah Peradangan

Kandungan anti inflamasi yang ada pada buah naga merah memiliki peranan dalam menjaga tubuh untuk terhindar dari peradangan.

Ditambah lagi berbagai macam nutrisi dan mineral yang ada pada buah naga merah sangat di butuhkan oleh tubuh.

 

9. Membantu Proses Diet

Buah yang kaya akan serat dan rendah kalori ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Ini dapat menjadikan anda tidak mudah untuk merasa lapar.

 

10. Menjaga Kesehatan Mata

Tingginya kandungan beta-karoten serta vitamin A yang ada pada buah naga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata anda.

 

11. Mengatasi Sariawan

Sariawan biasanya terjadi jika tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Jika sariawan sudah menyerang mulut maka akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat memanfaatkan buah naga sebagai obat alternatif. Ini dikarenakan tingginya kadar vitamin C yang ada pada buah naga.

Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan pada mulut anda.

Baca Juga: Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi dan Ibu Hamil

Gambar Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
Gambar Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil. Via: medium.com

1. Membantu Perkembangan dan Pertumbuhan Janin

Jika janin yang ada di dalam kandungan tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dapat menimbulkan berbagai macam masalah.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, seperti salah satunya adalah kurangnya asupan folat pada ibu hamil.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menkonsumsi buah naga merah. Karena di dalam buah naga terdapat folat yang baik untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada janin.

 

2. Menyempurnakan Indra Penglihatan Janin

Kandungan karoten yang terdapat pada buah naga dapat mampu membantu proses penglihatan janin dalam kandungan.

 

3. Mencegah Kelahiran Prematur

Seorang ibu yang sedang hamil dapat mengalami kelahiran yang prematur bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya kekurangan folat.

Dengan mengkonsumsi buah naga merah secara rutin dan teratur dapat menjaga kandungan dan menghindarkan bayi terlahir prematur.

 

4. Pemenuh Gizi

Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan gizi yang lebih. Ini dikarenakan bukan hanya asupan gizinya saja yang harus terpenuhi, melainkan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Mengkonsumsi buah naga merah bisa menjadi alternatif untuk memenuhi gizi yang diperlukan oleh ibu hamil. Sehingga nantinya janin yang di lahirkan dalam keadaan yang sehat.

 

5. Melancarkan Asi

Bayi yang baru lahir pasti sangat membutuhkan ASI eksklusif  dari ibunya. Karena dengan ASI eksklusif ini perkembangan pada bayi dapat berkembang dengan baik.

Maka dari itu menjaga kelancaran ASI pada saat menyusui adalah suatu hal yang penting. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah naga merah.

 

6. Melancarkan Pencernaan Pada Bayi

Serat yang ada pada buah naga sangat baik untuk sistem pencernaan bayi. Kandungan serat ini mampu untuk membersihkan sistem pencernaan bayi.

Selain itu serat yang tinggi ini juga mampu untuk membuat bayi kenyang lebih lama. Sehingga menghindarkan dari konsumsi dari makanan ringan berlebih.

 

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah naga mampu untuk membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Gambar Masker Buah Naga Merah
Gambar Masker Buah Naga Merah

1. Mencegah Penuaan Dini

Buah naga merah adalah salah satu buah yang kaya akan anti oksidan. Dan ini sangat penting untuk menjaga kulit anda dari radikal bebas.

Caranya adalah membuat masker buah dengan campuran yogurt. Lakukan masker wajah ini selama 20 menit dan gunakanlah seminggu sekali.

 

2. Melawan Jerawat

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga mampu untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain dapat menjadi melawan jerawat kandungan vitamin pada buah naga juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat.

 

3. Melembabkan Kulit

Kada air yang tinggi pada buah naga merah mampu untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Karena dengan kulit yang lembab dapat membuat penampilan anda lebih segar dan ceria.

 

4. Memperindah Penampilan

Buah naga sering kali dijadikan sebagai masker yang baik untuk kulit anda. Sehingga menjadikan kulit anda lebih bersinar dan lembut. Karena kulit tidak mengalami kekurangan nutrisi.

 

5. Melindungi Kulit Dari Sengatan Sinar Matahari

Sinar Matahari yang langsung mengenai kulit wajah anda dapat menyebabkan efek terbakar. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya anda menggunakan sun block.

Selain menggunakan sun block anda juga dapat memanfaatkan buah naga sebagai masker alami. Kombinasi antara vitamin C dan E mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung.

titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Manfaat Sarang Burung Walet

titan
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *