titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Alpukat

7 min read

Manfaat Alpukat– Buah yang berasal dari Meksiko dan biasa di tanam di pekarangan rumah ternyata menyimpan banyak manfaat. Bukan hanya manfaat di buahnya saja yang mengandung manfaat. Tetapi juga bagian yang lainnya juga menyimpang banyak manfaat.

Manfaat Alpukat
Manfaat Alpukat

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah alpokat sangat baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa macam nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat antara lain potasium, float, lutein, vitamin B, C, E dan masih banyak nutrisi yang lainnya.

Buah alpukat ini juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Walaupun kandungan lemak yang tinggi asalkan tidak berlebih ini akan membawa dampak yang positif. Lemak yang ada di buah alpokat adalah lemak tak jenuh tunggal.

Nah pada pembahasan yang pertama adalah manfaat buah alpukat. Karena buah ini memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk kesehatan, untuk diet, untuk program ibu hamil, perawatan wajah dan masih banyak yang lainnya.

Hal ini yang membuat kami tertarik untuk membuat artikel ini. Nah berikut adalah ulasannya.

 

1. Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Untuk Kesehatan
Manfaat Untuk Kesehatan. Via: matajurnal.com

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah alpukat ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti penjelasan yang akan kami paparkan di bawah.

 

  • Mencegah Osteoarthtritis

Osteoarthtritis adalah kondisi sendi yang nyeri akibat gesekan dengan ujung-ujung tulang penyusu sendi. Orang yang menderita osteoarthtritis akan merasakan sakit yang luar biasa di area sendi.

Untuk mengurangi rasa sakit yang di akibatkan dari nyeri sendi ini kita dapat memanfaatkan buah alpukat yang telah di ekstrak dengan minyak kedelai. Campuran antara dua bahan ini biasa di sebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU).

  • Menghilangkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat memang dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya. Seperti penyakit jantung, stroke, dan masih banyak penyakit yang lainnya.

Berdasarkan study buah alpokat mempunyai kandungan kolesterol baik yang melimpah. Hal ini sangat di butuhkan oleh tubuh untuk mencegah kolesterol jahat. Namun kalian juga harus membatasi konsumsi buah ini, karena segala yang berlebihan itu tidak baik.

 

  • Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ vital manusia yang harus di jaga. Karena dengan adanya mata ini kita dapat melihat semua keindahan dunia. Maka dari itu menjaga kesehatan mata adalah salah satu hal yang sangat penting.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat maka kita telah menjaga kesehatan mata kita. Karena kandungan lutein yang tinggi di buah alpukat mampu untuk melindungi mata dari degenerasai makula dan pembentukan katarak.

Kedua hal ini dapat menyebabkan penglihatan kita menjadi terganggu. Saat ini juga masih di adakan penelitian yang akan menguatkan manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan mata.

 

  • Mengandung Serat Yang Tinggi

Kandungan serat memang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, terlebih lagi dalam masalah pencernaan. Jangan sampai kita kekurangan serat karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Selain itu kandungan serat ini juga baik untuk membantu dalam mengurangi kolesterol jahat. Dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh.

 

  • Mengurangi Resiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Kanker bisa terjadi karena tubuh kekurangan asam float. Kandungan asam float mampu untuk melindungi dari resiko penyakit kanker.

Hal ini di sebabkan asam float mampu untuk mencegah dalam mutasi di dalam susunan DNA dan RNA. Karena seperti yang kita ketahui jika penyakit kanker ini terjadi karena proses regenerasi sel yang sangat cepat.

Selain terdapat asam float di dalam alpukat ada juga senyawa lain yang bagus untuk mencegah kanker. Seperti karotenoid, senyawa ini merupakan anti oksidan yang berperan  sebagai anti kanker.

 

  • Mencegah Osteoporosis

Osteooporosis adalah salah satu penyakit tulang yang di akibatkan oleh pengeroposan tulang. Kandungan vitamin K yang tinggi pada buah alpukat mampu untuk membuat tulang tidak kehilangan kalsium melalui urin.

Hal ini dikarenakan vitamin K mampu untuk menyerap kalsium sehingga tetap terjaga di dalam tulang.

 

2. Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Program Ibu Hamil
Manfaat Alpukat Untuk Program Hamil. Via: obatutukpromil.xyz

Setiap orang terutama yang sudah memiliki keluarga pasti ingin sekali memiliki keturunan. Banyak hal yang di tempuh agar cepat memiliki keturunan. Dan banyak juga yang menempuh pengobatan alternatif untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil.

Salah satunya cara alternatif adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat.

Buah yang memiliki kandungan 114 mikrogram asam folat sangat bagus untuk mempercepat kandungan.

Selain terdapat asam folat, di dalam buah alpukat juga terdapat berbagai macam vitamin dan lemak tek jenuh yang masing-masing memiliki manfaat dan pastinya dapat mempercepat kesuburan.

Seperti vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan produksi hormon pada pria dan mengandung banyak potassium yang berfungsi untuk mengatur tiroid pada wanita.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Peluang pasangan suami istri yang memiliki asupan lemak tak jenuh tunggal memiliki 3, 4 kali lebih besar, jika di bandingkan dengan mereka yang tidak mencukupi asupan lemak tak jenuh tunggal.

Ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsi buah alpukat. Bisa di buat menjadi jus, di campur dengan minyak zaitun dan diolah menjadi varian makanan yang sehat dan bergizi.

Kali ini kami akan memberikan resep membuat jus alpokat untuk terapai program ibu hamil. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Manfaat Kulit Manggis

Cara Membuat Jus Alpukat Untuk Program Hamil

Jus Alpukat Untuk Promil
Jus Alpukat Untuk Promil

Bahan-bahan:

  • Alpukat yang sudah matang
  • Gula pasir secukupnya
  • Susu kental manis (tergantung selera)
  • Air Putih
  • Es batu secukkupnya (opsional)

Langkah-langkah:

  • Belah buah alpukat menjadi dua bagian
  • Keluarkan isi buah alpukat dan masukan kedalam blender
  • Masukan gula pasir, es batu dan air secukupnya
  • Blender sampai halus
  • Selagi menunggu alpukat halus siapkan susu kental manis secukupnya di dalam gelas, karena sebelumnya sudah ada gula pasir, jadi tambahkan saja secukupnya
  • Lalu masukan alpukat yang telah halus kedalam gelas yang sudah di beri susu

3. Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil
Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil. Via: hamil.co.id

Buah alpukat yang mengandung banyak nutrisi mampu untuk menjadi asupan tambahan bagi ibu hamil. Seperti yang kita ketahui jika janin di dalam kandungan sangat membutuhkan banyak sekali asupan nutrisi.

Hal ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Nah, berikut ini adalah manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

 

  • Mencegah Komplikasi

Ibu hamil akan sangat mudah untuk terserang berbagai macam jenis komplikasi. Seperti anemia, insomnia, preeklamsia dan perubahan suasana hati. Nah disini kandungan folat yang tinggi pada buah alpukat sangat berperan penting.

Sehingga ibu dan bayi dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat. Karena jika komplikasi ini di biarkan saja maka akan menyebabkan keracunan pada bayi yang dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu mengkonsumsi buah alpukat bagi ibu hamil sangat di anjurkan. Akan tetapi dalam mengkonsumsi buah alpukat jangan sampai berlebihan.

 

  • Mencegah Deformitas

Deformitas adalah salah satu jenis penyakit yang di sebabkan tubuh kekurangan senyawa folat. Maka dengan mengkonsumsi buah alpukat kebutuhan asam folat dapat tercukupi.

 

  • Mencegah Anemia

Ibu yang sedang hamil akan sangat mudah untuk kekurangan zat besi hal ini adalah salah satu penyebab anemia. Nah seperti yang telah kita ketahui jika zat besi yang terdapat di buah alpukat mampu untuk mencukupi kebutuhan zat besi bagi ibu hamil.

 

  • Makanan Otak  Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil memang harus memenuhi berbagai macam kebutuhan tubuh. Salah satunya adalah otak. Otak pada ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Karena hal ini dapat mencegah terjadinya resiko Alzheimer.

 

  • Melindungi Bayi Sebelum Lahir

Tingginya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah alpukat ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi kondisi bayi. Tercukupinya asupan nutrisi terutama folat akan sangat menghindarkan bayi dari resiko terlahir cacat.

 

  • Mengurangi Kram Pada Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil akan sangat mudah untuk terkena kram. Terutama pada bagian kaki, hal ini di sebabkan oleh kaki yang harus menopang berat yang tidak seperti biasanya. Nah, dengan mengkonsumsi buah alpukat maka tubuh akan mendapatkan asupan potasium yang berperan untuk mengurangi resiko kram.

 

4. Manfaat Alpukat Untuk Diet

Manfaat Alpukat Untuk Diet
Manfaat Alpukat Untuk Diet. Via: sfidn.com

Memiliki tubuh yang ideal memang merupakan idaman setiap orang. Seperti diet menggunakan buah alpukat. Buah yang kaya akan nutrisi seperti serat, lemak jenuh tunggal, gula dan karbohidrat.

Walaupun mengandung lemak namun ini tidak dapat menyebabkan gemuk. Malahan ini dapat memberikan dampak kesehatan yang bagus untuk tubuh. Karena kandungan kolesterol baik (HDL) dan kandungan gula yang sedikit mampu untuk mengatur berat badan.

Buah alpukat juga mengandung banyak sekali serat yang baik untuk pencernaan. Hal ini menjadikan proses pencernaan lebih lancar. Sehingga tidak ada sampah yang mengendap di perut.

Terlebih lagi ketika serat buah alpukat masuk kedalam lambung maka akan berubah menjadi seperti gel. Ini menjadikan kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

Nah untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal kami akan memberikan beberapa cara mengkonsumsi buah alpukat untuk diet.

 

  • Dimakan Secara Langsung

bukumedis.com
bukumedis.com

Caranya adalah dengan mengkonsumsi langsung buah alpukat. Bisa kita jadikan sebagai hidangan pencuci mulut, atupun sebagai camilan saat sedang melakukan program diet.

Berdasarkan sebuah study menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah alpukat setiap hari dengan takaran yang ideal memiliki kesehatan yang lebih baik. Namun bagi kamu yang memiliki alergi terhadap buah alpukat sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan masalah baru.

 

  • Dibuat Menjadi Jus

Manfaat Jus Alpukat Untuk Diet
Manfaat Jus Alpukat Untuk Diet. Via: beritakoran.com

Jus alpukat memang minuman yang sangat menyegarkan, apalagi jika diminum ketika siang hari dan cuaca lagi panas. Nah, selain menyegarkan jus alpukat juga memiliki manfaat untuk program diet.

 

Berikut adalah cara membuat jus alpukat untuk program diet.

Bahan-bahan:

  • Alpukat yang sudah matang
  • Air putih secukupnya

Cara Pembuatan:

  • Belah buah alpukat yang sudah matang
  • Keluarkan daging buah lalu masukan kedalam blender
  • Tambahkan sedikit air, dan jangan di beri gula karena ini akan membuat rasanya mejadi sangat manis.
  • Blender sampai halus lalu jus alpukat untuk diet siap untuk di hidangkan

5. Manfaat Alpukat Untuk Wajah dan Tubuh

Manfaat Alpukat Untuk Wajah dan Tubuh
Manfaat Alpukat Untuk Wajah dan Tubuh Via: www.perawatankulitwajah212.com

Setelah tadi kami membahas tentang manfaat alpukat untuk kesehatan, urusan orang hamil serta untuk program diet. Kali ini kami akan membahas tentang manfaat buah alpukat untuk wajah dan tubuh. Berikut adalah penjelasannya.

 

  • Memberishkan Wajah

Memiliki wajah yang kotor memang dapat menimbulkan banyak sekali masalah. Nah, untuk membersihkan kulit wajah yang kotor kamu dapat memanfaatkan buah alpukat.

Untuk bahan yang di gunakan sebagai pembersih wajah kamu dapat mencampurkan antara kuning telur, alpukat, serta setengah cangkir susu. Caranya adalah campurkan semua bahan tersebut lalu aduk hingga menjadi seperti pasta, lalu jadikan sebagai masker wajah.

 

  • Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam memang membuat penampilan kita menjadi kurang menarik. Ada berbagai macam cara yang dapat di gunakan untuk mengatasi hal ini. Seperti salah satunya adalah menggunakan alpukat.

Untuk masalah ini kamu dapat menambahkan susu murni lalu campurkan dua bahan tersebut. Haluskan kemudian oleskan di wajah sebagai masker. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  • Membantu Proses Peremajaan Kulit

Ada berbagai hal yang dapat menjadikan kulit kita menjadi kurang sehat. Hal ini bisa di sebabkan oleh paparan sinar matahari yang dapat merusak jaringan sel kulit. Untuk membantu dalam proses peremajaan kulit kamu bisa memanfaatkan buah alpukat.

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C, E dan Flavonoid ini sangat berperan penting dalam proses permajaan kulit. Karena kulit sangat membutuhkan nutrisi tersebut, sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat.

  • Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak menjadikan penampilan kamu terlihat lebih kusam. Sehingga membuat kamu merasa kurang percaya diri. Selain itu memiliki kulit wajah berminyak juga meningkatkan resiko terkena jerawat yang menyebalkan.

Untuk mengatasi hal ini kamu dapat memanfaatkan buah alpukat yang di campurkan dengan air perasan lemon serta putih telur. Caranya adalah campurkan semua bahan tadi lalu hancurkan hingga halus. Kemudian oleskan di wajah sebagai masker. Setelah itu diamkan sekita 10-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

 

  • Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat memang banyak menimbulkan masalah, bahkan saat sudah pecah. Seringkali meninggalkan noda yang membuat wajah terlihat kurang bersiih. Untuk mengatasi masalah ini kadang harus menggunakan perawatan yang mahal.

Namun saat ini ada juga perawatan alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan buah alpukat yang diubah menjadi masker. Untuk bahan-bahannya juga tidak terlalu banyak.

Kita hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak zaitun kemudian buah alpukat dihancurkan hingga menjadi lembut. Kemudian oleskan ke wajah diamkan sekitar 15-20 menit.

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  • Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus memang menjadi idaman setiap orang. Selain membuat penampilan menjadi lebih baik. Kulit yang halus juga membuat lebih percaya diri.

Nah, untuk mendapatkan kulit yang halus kita juga dapat menggunakan buah alpukat sebagai solusinya.

Caranya adalah dengan membuat scrub alpukat yang terbuat dari alpukat, oatmeal, dan lemon. Setelah semua bahan tercampur kemudian gosok-gosokan di kulit yang ingin di haluskan.

Lakukan ini selama 20-25 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna maka lakukan hal ini secara rutin.

 

  • Memutihkan Kulit Tubuh

Memiliki kulit tubuh yang putih bersih adalah impian setiap orang. Hal ini membuat kita menjadi lebih percaya diri. Untuk mewujudkan impian ini, kita dapat memanfaatkan buah alpukat.

Buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kuli ini. Dapat kita manfaatkan menjadi lulur yang berfungsi untuk memutihkan kulit.

Caranya cukup mudah, cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian oleskan keseluruh tubuh. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat secara maksimal kita harus benar-benar cermat ketika memilih buah tersebut. Perhatikan kelembutannya itu karena matang sempurna atupun karena benturan.

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manfaat Limau Kasturi

titan
4 min read

Manfaat Susu Kedelai

titan
5 min read

Manfaat Rambut Jagung

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *