titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manajemen Perusahaan

3 min read

Perusahaan merupakan tempat terjadinya kegiatan produksi, baik barang dan jasa, serta tempat berkumpulnya semua faktor produksi.

Sehingga untuk menjaga dalam praktiknya membutuhkan manajemen perusahaan yang bertujuan untuk mengontrol jalannya perusahaan.

Lalu apa itu manajemen perusahaan?

 

Pengertian Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan

Manajemen perusahaan adalah serangkaian unsur dalam perusahaan sebagai proses pemimpin, mengarahkan, dan mengadministrasikan sumber daya yang memiliki perusahaan.

Dalam prosesnya, manajemen perusahaan merupakan komponen pending yang harus ada dalam sebuah perusahaan demi terwujudnya tujuan yang ingin dicapai.

 

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

1. Koontz

Manajemen perusahaan adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada sebuah pemahaman ilmu dimana ilmu dan seni tersebut tidak bertentangan, namun keduanya saling melengkapi.

 

2. Wilson

Manajemen perusahaan adalah serangkaian tindakan dan upaya anggota perusahaan untuk mencapai sasaran atau target bisnis yang dinaungi perusahaan tersebut dimana proses tersebut dicapai melalui aktivitas yang sistematis.

 

3. George R Terry

Manajemen perusahaan adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari perencanaan (planning), penyusunan (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling) dimana dilakukan untuk mencapai tujuan utama perusahaan dengan melibatkan manusia dan sumber daya lainnya.

 

4. Stoner

Manajemen perusahaan adalah proses dalam membuat suatu perencanaan, penyusunan, pengendalian, serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dengan menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

5. Mary Parker F

Manajemen perusahaan adalah suatu seni, tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan bantuan orang lain.

 

Fungsi Manajemen Perusahaan

fungsi manajemen perusahaan

Menurut Louis A. Alen manajemen perusahaan mempunyai fungsi utama yaitu:

 

1. Memimpin (Leading)

Manajemen perusahaan yang dijalankan oleh seorang manajer harus bisa mengarahkan orang lain untuk bertindak agar tujuan perusahaan dapat dicapai. Seorang manajer juga memiliki tugas utama seperti:

  • Melakukan komunikasi.
  • Memberi motivasi.
  • Mengambil keputusan.
  • Menyeleksi sumber daya manusia untuk bekerja di bagian tertentu.
  • Mengembangkan sumber daya manusia melalui evaluasi kinerja.

 

2. Merencanakan (Planning)

Manajemen perusahaan berfungsi sebagai pembentuk rencana tentang bagaimana aktivitas dan kegiatan yang dilakukan demi mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Perencanaan tersebut meliputi:

  • Menentukan jenis kegiatan.
  • Menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan.
  • Membuat target disetiap kegiatan.
  • Membuat jadwal.
  • Mengendalikan biaya agar tidak terjadi kerugian.
  • Membuat standar operasional perusahaan.

 

3. Menyusun (Organizing)

Dengan adanya penyusunan semua elemen yang ada dalam perusahaan, menjadikan pembagian tanggung jawab bisa lebih efektif dan efisien. Berikut kegiatan yang termasuk dalam organizing;

  • Membuat struktur organisasi.
  • Menentukan job description.
  • Membagi tanggung jawab.
  • Menentukan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff.
  • Mendeskripsikan setiap hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

 

4. Pengawasan (Controlling)

Agar perusahaan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan maka perlu adanya pengawasan dari seorang manajer. Sehingga jika ada sesuatu yang keluar dari rencana dapat langsung teratasi. Kegiatan pengawasan meliputi:

  • Perkembangan pekerjaan.
  • Pengukuran hasil pekerjaan.
  • Melakukan tindakan koreksi dan perbaikan terhadap kesalahan.

 

Tingkat Level Manajemen Perusahaan

Level Manajemen perusahaan

Pada umumnya terdapat 3 (tiga) level tingkatkan manajemen perusahaan yaitu;

1. Top Management

Dalam level ini terdiri dari Boards of Director atau lebih dikenal dengan Chief of Executif (CEO) dan Senior Executif.

 

2. Midle Management

Dilevel kedua pada manajemen perusahaan terdapat Departement of Division Head.

 

3. Lower Management

Untuk level terakhir dari manajemen perusahaan adalah Supertenden, General Foreman, dan Supervisor.

Jika dilihat dari cara berfikir dan manajerial, semakin tinggi tingkatannya maka tuntutan akan tugas dan kewajibannya akan semakin besar.

 

Struktur Organisasi Manajemen Perusahaan

Struktur organisasi manajemen perusahaan

Dalam sebuah manajemen perusahaan sebaiknya terdapat struktur organisasi yang tujuannya memperjelas tugas dan tanggung jawab. Berikut pembahasan:

 

1. Manajemen Risiko Perusahaan

Manajemen ini merupakan bagian yang terpenting dalam manajemen perusahaan, karena manajemen ini mengurusi risiko atau masalah yang terjadi dalam perusahaan.

 

2. Manajemen Risiko Pasar

Manajemen ini bertugas untuk mengatasi atau meminimalisir risiko yang terjadi di pasar. Manajemen risiko pasar ini memiliki peran penting dalam menentukan tindakan yang bisa meningkatkan jumlah keuntungan perusahaan.

 

3. Manajemen Keuangan

Dengan adanya manajemen keuangan yang baik dapat membuat perputaran uang perusahaan menjadi lebih sehat. Sehingga dapat meminimalisir kerugian, karena keuangan perusahaan terus terpantau.

 

4. Internal Audit

Internal audit merupakan bagian dari struktur organisasi di dalam perusahaan yang berpean untuk melakukan peninjauan terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

 

5. Manajemen Strategi

Seperti yang telah dijelaskan pada fungsi manajemen perusahaan yaitu fungsi perencanaan. Nah peran dari manajemen strategi ini untuk menentukan strategi apa yang tepat untuk mewujudkan rencana yang telah di buat.

 

6. Compliace

Compliance adalah bagian dari manajemen perusahaan memiliki tugas untuk melakukan identifikasi setiap tindakan yang dilakukan oleh pekerja serta mengawasi kinerja para pekerja.

Divisi ini memiliki tugas untuk memberikan bimbingan kepada para pekerja yang melakukan kesalahan atau pelanggaran agar kembali ke rencana awal perusahaan.

 

7. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia berperan untuk mengurus semua yang berkaitan dengan pekerja.

Secara tidak langsung manajemen ini merupakan inti dari keberhasilan sebuah perusahaan.

 

Tujuan Manajemen Perusahaan

Tujuan manajemen perusahaan

1. Membuat Rencana Perusahaan

Sebuah manajemen perusahaan yang baik selalu dilandasi dengan perencanaan yang matang serta terperinci.

Selain itu dalam pembuatan rencana, perusahaan harus mencantumkan risiko dan tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan. Sehingga dapat diketahui strategi apa yang harus digunakan untuk meminimalisir terjadinya risiko yang dapat merugikan perushaan.

 

2. Menyusun Kegiatan Perusahaan

Setelah membuat rencana yang matang dan terperinci, selanjutnya perusahaan menentukan jadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan rencana tersebut secara efektif dan efisien.

 

3. Memimpin Setiap Kegiatan Perusahaan

Manajemen perusahaan tidak akan lengkap tanpa adanya pemimpin dalam hal ini manajer. Seorang manajer berperan penting dalam terlaksananya rencana yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Selain itu, manajer berperan dalam memberikan pengarahan dan pengambilan keputusan perusahaan.

 

4. Mengawasi Kegiatan Perusahaan

Peran lain dari manajemen perusahaan adalah memberikan pengawasan dan pengendalian terhadap segala sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan.

Pengawasan dan pengendalian dilakukan oleh manajer dengan tujuan untuk mengukur progres realisasi rencana perusahaan, mengetahui kesalahan yang terjadi dalam perusahaan, dan menentukan solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut.

 

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Manajemen Mutu

titan
2 min read

Manajemen Personalia

titan
3 min read

Manajemen Sekolah

titan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *