titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Manajemen Pemasaran

3 min read

Bagi sebuah perusahaan melakukan manajemen pemasaran dengan baik menjadi salah satu kunci perusahaan tersebut dapat berkembang.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?

 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Gambar Mananjemen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkain proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Dharmmesta dan Handoko (1982)

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. berkembang dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.

Selain penjualan, kegiatan pemasaran tersebut juga harus memberikan rasa puas pada konsumen. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan tetap berjalan dan membuat konsumen mempunyai pandangan baik terhadap perusahaan.

 

2. Kotler (1980)

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

3. Basu Swastha (2008)

Manajemen pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisinis yang ditunjukan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhan baik kepada konsumen yang ada atau konsumen yang potensial.

 

4. Sofjan Assauri (2013)

Manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian berbagai program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi atau pertukaran melalui sasaran pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

 

5. William J. Stanton

Manajemen pemasaran adalah sebuah sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi barang atau jasa yang dapat memuaskan konsumen.

 

6. Ben M. Eniy (2007)

Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

 

Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi Manajemen Pemasaran

Dalam setiap perusahaan atau bisnis harus menjalankan manajemen pemasaran dengan baik demi tercapainya tujuan perusahaan.

Selain menjalankan perusahaan juga harus mengetahui apa saja fungsi dari manajemen pemasaran. Nah berikut ini adalah ulasannya.

 

1. Fungsi Penyedia Sarana

Dalam manajemen pemasaran terdapat fungsi penyedia sarana yang nantinya bertujuan untuk kelancaran operasional. Fungsi ini mencakup segala proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran sesuai dengan standar dan pembiayaan.

 

2. Fungsi Pertukaran

Dalam fungsi pertukaran ini terbagi menjadi dua jenis fungsi utama yaitu, fungsi pembelian dan fungsi penjualan.

Fungsi pembelian mengartikan bahwa manajemen pemasaran berfungsi sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan.

Sedangkan fungsi penjualan mengartikan bahwa manajemen pemasaran mempertemukan antara penjual dan pembeli yang bisa dilakukan secara langsung maupun melalui perantara.

 

3. Fungsi Fisis

Fungsi fisis disini lebih terfokus kepada kegunaan waktu, lokasi dan bentuk yang perlu dipertimbangkan pada suatu produk ketika suatu produk akan diangkut, diproses dan disimpan hingga sampai ketangan konsumen.

 

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran

Menurut Santon (1978) konsep manajemen pemasaran diartikan sebagai falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat dan sosial untuk kelangsungan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberikan kepuasan terhadap apa yang diinginkan oleh konsumen.

Nah berikut ini adalah konsep manajemen pemasaran yang harus dipahami oleh seorang manajer pemasaran.

 

1. Orientasi Pada Konsumen (Market Oriented)

Konsep pemasaran yang baik adalah dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Oleh sebab itu, dalam strategi pemasaran selalu mengedepankan konsumen.

Mengapa disini selalu menjadikan konsumen sebagai prioritas utama?

Karena seperti yang telah kita ketahui bersama jika dalam pemasaran konsumen adalah raja dan produsen adalah pelayan.

Dimana pelayan harus selalu memberikan kepuasan kepada sang raja. Caranya dengan memberikan penawaran yang menarik, produk yang bagus, dan pelayanan yang maksimal.

 

2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Disini merupakan bentuk penyusunan berbagai macam jenis kegiatan pemasaran secara menyeluruh.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses menganalisis dan mengawasi hasil pemasaran  apakah berjalan dengan baik. Serta mempermudah proses evaluasi dan tindakan perbaikan yang tepat.

 

3. Kepuasan Konsumen

Seperti yang telah dibahas di atas, konsumen adalah raja yang harus selalu dilayani dengan baik.

Kepuasan konsumen disini tidak hanya diukur secara kualitas produk saja. Namun juga diukur berdasarkan strategi pemasaran yang dilakukan.

 

Perencanaan Strategi Pemasaran

Dalam kegiatan manajemen pemasaran penentuan strategi merupakan salah satu hal yang diperhatikan.

Dengan pemilihan strategi yang tepat dengan mudah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

1. Target Pasar

Target pasar adalah kelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin di tuju oleh perusahaan.

 

2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem saluran distribusi.

 

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Membangun Permintaan

Dalam kegiatan pemasaran tidak akan terjadi jika tidak ada permintaan, maka dari itu penting bagi perusahaan untuk membangun permintaan dari konsumen.

Agar terjadi permintaan, maka perusahaan perlu melakukan strategi untuk menimbulkan ketertarikan pada produk yang kita jual.

 

2. Membangun Kepuasan Konsumen

Selain membangun permintaan dari konsumen, perusahaan juga perlu memperhatikan kepuasan konsumen terhadap barang atau jasa yang kita tawarkan.

Dengan membangun kepercayaan konsumen juga memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Membangun kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan cara memahami kebutuhan atau keinginan konsumen.

 

3. Memperoleh Market Share

Setiap perusahaan pasti menginginkan perluasan produk sehingga permintaan akan produk juga akan meningkat.

 

4. Memperoleh Profit

Sebagian besar perusahaan pasti mengharapkan mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini menjadi sebuah acuan apakah perusahaan tersebut berhasil atau tidak.

Mencapai nominal keuntungan merupakan salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan bisa menjual dengan nilai margin optimal dapat menghasilkan tingkat jual yang maksimal.

 

5. Menjaga Kelangsungan Usaha

Pemasaran adalah garis terdepan perusahaan untuk mencapai target penjualan, dan kepuasan pelanggan.

Oleh sebab itu manajemen pemasaran menjadi penentu kelangsungan usaha.

 

6.Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan

Citra yang baik pada perusahaan akan memberikan nilai tambah perusahaan di mata konsumen, mitra, investor dan tenaga kerja.

 

titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Manajemen Mutu

titan
2 min read

Manajemen Personalia

titan
3 min read

Manajemen Perusahaan

titan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *