titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Management Trainee

2 min read

Saat ini banyak sekali para fresh graduate yang menginginkan bekerja di management trainee. Nah, bagi kamu yang ingin bekerja di dalamnya ada baiknya mengetahui dulu apa itu management trainee.

 

Pengertian Management Trainee

Management Trainee

Management trainee (MT) adalah proses pelatihan terhadap karyawan baru yang direkrut oleh perusahaan untuk diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang profil dan unit bisnis perusahaan.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat diperoleh calon pekerja yang memiliki kualitas dan berdaya saing yang nantinya dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen perusahaan.

Untuk masa pelatihan pada management trainee sangat bervariasi tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut. Ada yang hanya 6 bulan bahkan ada juga yang sampai 1 tahun.

Selama pada masa pelatihan, para karyawan baru diberikan pelatihan dan pengetahuan tentang prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan, pengendalian usaha, manajemen resiko, dan rencana manajerial.

Selain memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan baru juga melakukan kegiatan on job training atau praktek kerja langsung dengan aktifitas perusahaan sehari-hari.

Di beberapa perusahaan program training ini akan dibagi menjadi beberapa tahap:

  • Training in Class selama 2 bulan
  • Pra-On Job Training (OJT) selama 2 bulan
  • On Job Training 1 dan 2 masing-masing 3 bulan
  • Review selama 1 bulan, dan
  • Penempatan kerja selama 1 tahun

 

Skill yang Harus Dimiliki Management Trainee

Skill Management Trainee

Bagi kamu yang ingin sukses dalam management trainee, maka wajib memiliki skill berikut ini:

  1. Interpersonal skills atau kemampuan bersosialisasi.  Seorang management trainee harus memiliki kemampuan ini, karena seorang manajer harus pandai bersosialisasi dengan rekan satu tim.
  2. Kemampuan Diplomasi, dalam prakteknya nanti, seorang manajer pasti akan menghadapi kesulitan yang membutuhkan kemampuan berdiplomasi untuk mengatasinya.
  3. Sebagai calon pemimpin, memiliki emotional intelligence adalah sebuah hal yang wajib. Seorang pemimpin harus bisa berempati, bersabar, dan tetap tegar dalam berbagai kondisi.
  4. Memiliki percaya diri yang tinggi dan berkata-kata secara persuasif, karena seorang manajer harus mampu berbicara dengan baik dan penuh keyakinan di depan tim kerjanya.
  5. Flexible dan terbuka terhadap hal-hal baru, sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi tempat pekerjaan.
  6. Bersifat positif, karena ketika menjadi seorang management trainee pasti akan mendapatkan hal-hal yang kurang mengenakan.
  7. Resilience dan sikap tenang dalam menghadapi tekanan ketika menjalankan pekerjaan.
  8. Mampu memotivasi orang lain, dalam bekerja pasti akan mengalami titik jenuh. Maka dari itu seorang manajer harus mampu memberikan tambahan motivasi untuk rekan satu timnya.
  9. Pandai mengelola pekerjaan dan waktu, seorang manajer harus mampu untuk mengorganisasikan, mendelegasikan dan menyusun deadline.
  10. Mampu menghadapi perubahan dan ketidak pastian, ini adalah kemampuan yang paling sering dicari oleh perusahaan.

 

Manfaat Utama Manajemen Trainee

Manfaat Management Trainee

Bagi perusahaan yang menerapkan prosedur management trainee akan mendapatkan manfaat positif seperti:

  • Menjamin tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kualitas, handal dan trampil.
  • Dapat menilai, menyaring dan mengevaluasi calon manajerial yang berkaualitas.
  • Mingkatkan produktifitas perusahaan.
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan.
  • Memberikan wawasan kepada calon manajerial.

Keuntungan dan Kekurangan Bekerja di Management Trainee

kelebihan dan kekurangan Management trainee

Keuntungan Bekerja di Management Trainee

1. Jalus karier Lebih Pasti di Perusahaan Pilihan

Seorang yang mengikuti Program management trainee dapat menentukan posisi pekerjaan yang diinginkan. Karena sebelumnya sudah mengikuti pelatihan yang sesuai dengan keahlian.

 

2. Digaji Untuk Belajar

Biasanya seorang pelamar yang telah diterima akan mendapatkan pelatihan yang didampingi oleh mentor yang berpengalaman di tempat tersebut.

Selain itu ada juga fitur management trainee yang paling dikenal adalah sistem rotasi. Dimana dengan sistem ini calon manajer dapat mendapatkan pengalaman di berbagai bidang.

Ini sangat cocok bagi kamu yang masih belum memiliki spesialisasi pekerjaan.

 

3. Memiliki Kesempatan Untuk Bekerja Secara Tim

Sistem rotasi selain memberikan pengalaman baru bagi calon manjerial juga memberikan relasi baru yang dapat menambah pengalaman kalian.

 

Tantangan Saat Bekerja Management Trainee

1. Tidak Semua Program Management Trainee

Beberapa perusahaan juga memasang tawaran management trainee untuk pekerjaan administrasi. Ada baiknya seorang calon pelamar mengetahui deskripsi pekerjaan yang ditawarkan.

 

2. Menuntu Komitmen Tinggi

Program management trainee umumnya bersifat mengikat dengan kontrak kerja untuk satu, dua tahun bahkan lebih. Nah salah satu persyaratannya adalah ijazah yang diserahkan kepada perusahaan dan ditahan sebagai jaminan.

Hal ini tentu dapat menjadi kendala ketika ditengah pelatihan kamu merasa kurang cocok dengan kondisi perusahaan tersebut.

titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Manajemen Konflik

titan
2 min read

Manajemen Operasional

titan
2 min read

Manajemen Risiko

titan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *