titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Kompetensi Guru Profesional

2 min read

Pendidikan merupakan salah satu saka pembangunan suatu negara. Dengan kata lain pendidikan merupakan hal pokok yang harus benar-benar di perhatikan.

Maka dari itu, semua yang terlibat di dalam lingkup pendidikan harus benar-benar berkompeten dan bisa diandalkan. Begitu juga dengan seorang guru.

Untuk menjadikan pendidikan di negara tersebut bisa maju, seorang guru harus memiliki kompetensi guru profesional.

Hal ini juga sudah di cantumkan dengan sangat jelas pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) yang berbunyi.

“Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.”

Nah, sebelum mengulas lebih jauh tentang 4 kompetensi guru profesional, ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu kompetensi guru profesional?

Pengertian Kompetensi Guru Profesional

Guru Profesional
Guru Profesional

1. Kompetensi

Kompetensi adalah kewenangan dan kecakapan atau kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan sesuai dengan jabatan yang disandangnya.

 

2. Guru

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang dimaksud dengan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

3. Profesional

Profesional adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan kepada perbuatan.

 

Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian Kompetensi Guru Profesional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar ia dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan baik.

Nah berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai 4 kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional.

 

Kompetensi Guru Porfesional

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah pemahaman guru terhadap peserta didiknya, perancangan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik agar dapat mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.

Untuk menjelaskan pengertian diatas secara rinci maka substansi tadi dijabarkan sebagai indikator esensisal sebagai berikut:

  • Memahami peserta didik disini artinya memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, kepribadian dan bekal belajar awal peserta didik.
  • Perancangan, disini memiliki artian memahami landasan kependidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, dan menentukan strategi pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  • Melaksanakan pembelajaran artinya adalah menata latar (setting), dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
  • Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran berkesinambungan dengan berbagai macam metode, menganalisis hasil evaluasi dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar.
  • Dan substansi yang terakhir adalah mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensinya, memiliki indikator esensial seperti memfasilitasi  peserta didik untuk mengembangkan kompetensi akademik dan potensi non akademik.

 

2. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

Berikut penjelasan rinci mengenai substansi dari kompetensi kepribadian jika di jabarkan kedalam indikator esensisal.

  • Kepribadian yang mantap dan stabil, artinya bertindak sesuai dengan norma hukum, norma sosial, bangga menjadi guru, dan memiliki kompetensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
  • Kepribadian yang dewasa, artinya memiliki kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
  • Kepribadian yang arif, artinya dapat menampilkan tindakan yang didasarkan kepada peserta didik, sekolah, dan masyarakat. Serta menunjukan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.
  • Kepribadian yang berwibawa, artinya memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang dihormati.
  • Akhlak yang mulia serta dapat menjadi tauladan, artinya seorang guru harus bertindak sesuai dengan norma agama (iman, taqwa, jujur, ikhlas dan suka menolong), dan memiliki perilaku yang dapat di contoh oleh peserta didik.

 

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah kemampuan seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang  tua atau wali murid, dan masyarakat.

Berikut adalah penjelasan mengenai substansi kompetensi sosial jika dijabarkan kedalam indikator esensial.

  • Berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, artinya dapat berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik.
  • Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan, artinya dapat berkomunikasi dan bergaul secara efektif.
  • Mampu berkomunikasi dengan orang tua siswa atau masyarakat, artinya dapat berkomunikasi dan bergaul secara efektif dan baik dengan orang tua siswa dan masyarakat.

 

4. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi tersebut, serta penguasaan terhadap struktur dan metode keilmuannya.

Berikut adalah penjelasan substansi kompetensi profesional kedalam indikator esensial.

  • Menguasai substansi keilmuan, yaitu memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, struktur, konsep dan metode yang menaungi keilmuan tersebut.
  • Menguasai struktur dan metode keilmuan, yaitu menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan.

baca juga: Pengertian Etika Profesi Guru

Jika ingin menjadi seorang guru yang profesional, maka harus menguasai empat kompetensi guru profesional di atas.

Karena jika seorang guru telah menguasai empat kompetensi tersebut, maka dapat mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar.

Pencarian terbaru:

  • ciri-ciri kompetensi pendagogic seorang guru
  • kids timer for presentation on powerpoint
titan Cita-citanya pengin naikin haji orang tua

Administrasi Pendidikan

titan
2 min read

Pengertian Komptensi

Rizki Islamiyah
3 min read

One Reply to “Kompetensi Guru Profesional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *