titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Fungsi Pasar

5 min read

Pasar merupakan salah satu tempat utama, yang sering sekali dijadikan sebagai perputaran roda dalam ekonomi di berbagai Negara.

Dalam hal ini, pasar juga dijadikan sebagai tempat untuk dapat berjalannya suatu kegiatan atau bahkan berbagai aktivitas dari perekonomian seperti sebuah produksi, konsumsi atau bahkan distribusi sekalipun.

Lalu apa saja kegunaan pasar dan fungsi pasar?

Fungsi dari pasar tentunya cukup banyak, pasar dijadikan sebagai salah satu tempat, untuk berkumpulnya semua orang agar dapat mencari dan memenuhi kebutuhan yang dimilikinya.

Salah satu hal yang paling penting, bahwa kegunaan pasar dalam suatu Negara adalah untuk membuat perekonomian semakin berkembang dengan baik. Berikut adalah fungsi dari pasar

 

Fungsi Pasar Bagi Konsumen

Fungsi Pasar bagi konsumen

1. Pemenuhan kebutuhan hidupnya sehari-hari

Seperti yang anda ketahui, bahwa fungsi pasar yang pertama adalah fungsi distribusi. Bukan hanya untuk produsen saja, melainkan fungsi distribusi ini juga dimiliki oleh konsumen terutama mereka yang mencari beragam kebutuhan untuk sehari-hari.

Dengan adanya pasar, maka konsumen dapat dengan mudah untuk memenuhi apa saja yang dibutuhkannya.

Bahkan konsumen juga dapat dengan mudah untuk menemukan penjual, yang sekiranya dapat mewakili apa saja yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Tentunya dengan adanya berbagai barang produk atau bahkan jasa yang ditawarakan oleh konsumen, dalam hal ini akan sangat terbantu untuk menemukan barang-barang tersebut.

 

2. Mendapatkan barang yang dibutuhkan

Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, namun dalam hal ini anda juga dapat sekaligus mendapatkan berbagai barang yang anda butuhkan.

Anda dapat menemukan banyak produsen, yang menjual berbagai jenis barang dan juga produk yang dibutuhkan, dan bertemu secara langsung di pasar. 

Bukan hanya keuntungan yang akan di dapatkan produsen, namun anda sebagai konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan.

 

3. Membentuk kreatifitas dari konsumen

Dengan adanya pasar saat ini, tentunya sangat membantu untuk meningkatkan kreatifitas banyak pihak . Bukan hanya produsen untuk meningkatkan berbagai produk yang dimilikinya, namun juga untuk konsumen.

Dalam hal ini dengan adanya pasar, salah satu fungsi pasar bagi konsumen adalah membuat konsumen semakin kreatifitas dalam memutuskan suatu produk.

Tentunya konsumen sendiri di latih, agar lebih peka dan juga kreatif dalam memilih dan memutuskan hasil atau produksi barang yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

Bahkan dengan semakin banyaknya pilihan yang dapat ditemukan di pasar, membuat konsumen semakin teliti mana barang yang berkualitas tinggi dan juga ditawarkan dengan harga yang menarik. 

Bahkan konsumen juga akan semakin mudah, untuk dapat mengembangkan pikiran yang dimilikinya agar lebih selektif dan teliti dalam melakukan pemilihan barang. 

 

5. Mempererat tali silaturrahmi

Tentunya dalam sebuah pasar, akan terjadi sebuah komunikasi ataupun berbagai interaksi yang dilakukan antara penjual dan juga pembeli.

Dalam hal ini, tidak disadari dapat menciptakan suasana yang hangat dan menjaga tali silaturrahmi terutama untuk konsumen. Tentunya dengan adanya pasar, berbagai kegiatan dan juga kebutuhan ekonomi akan semakin terpenuhi.

Kita perlu ingat bahwa di dunia ini kita dilahirkan sebagai salah satu makhluk sosial. Pastinya setiap orang juga membutuhkan satu sama lain, untuk dapat tetap hidup satu sama lain.

Dengan adanya pasar, fungsi pasar bagi konsumen adalah dapat untuk memperrat hubungan anda dengan konsumen lainnya dan juga dengan penjual.

Dengan fasilitas pasar yang mempertemukan dua pihak yang memiliki tujuan yang sama, dalam hal ini juga untuk membuat suatu kesepakatan untuk bersama agar dapat terjadi dengan baik kegiatan tawar dan juga menawar. Hal ini juga yang menjadi salah satu fungsi dan peranan yang dimiliki oleh pasar.

 

Fungsi Pasar Bagi Produsen

fungsi pasar bagi produsen

1. Promosi barang dan jasa

Promosi merupakan salah satu cara, yang dapat di lakukan dengtan efektif di pasaran. Bahkan pasar sendiri memang sengaja dibuat, untuk digunakan sebagai sarana untuk promosi.

Hal ini dikarenakan, pasar memiliki banyak orang yang sedang mencari berbagai kebutuhan dan juag berbagai keinginan yang dimiliki oleh konsumen. 

Hal ini juga yang dapat dijadikan sebagai ajang melakukan promosi oleh produsen, terhadap berbagai barang atau produk yang dimilikinya.

Tentunya dengan di lakukannya banyak promosi di pasar ini, diharapkan dapat membuat banyak konsumen tertarik dengan banyak produk atau barang yang memang dijual dan dibuat oleh produsen.

Bahkan produsen juga dapat dengan mudah, untuk mengenalkan produknya kepada konsumen di pasar secara mudah.

Dengan adanya sarana promosi ini, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh produsen agar dapat mengenalkan produk yang dimilikinya tanpa kesulitan dengan syarat yang rumit. 

 

2. Membentuk harga dan nilai 

Harga sendiri, merupakan salah satu fungsi pasar bagi produsen yang paling terlihat. Bahkan harga sendiri merupakan salah satu aspek yang cukup penting dalam kegiatan perekonomian.

Dengan adanya pasar, maka produsen akan semakin dimudahkan untuk dapat membentuk harga dan juga nilai produk yang dimilikinya dengan baik. 

Bahkan dengan adanya pasar, produsen juga dapat menjadi tempat yang dapat dijadikan sebagai penawarandan juga permintaan yang akan di lakukan bersama dengan produsen terhadap konsumen.

Tentunya produsen juga akan menentukan harga dan mengetahui kisaran harga yang tetap dapat memberikan keuntungan namun tetap memilik harga yang bersaing.

 

3. Mengembangkan produk

Bukan hanya meningkatkan kreatifitas yang dimiliki oleh konsumen saja, namun fungsi pasar bagi produsen adalah untuk mengembangkan produknya semakin lebih baik lagi.

Dalam hal ini, dengan adanya pasar akan mendorong produsen agar dapat semakin kreatif dan memiliki inovasi dan lebih berinovatif terhadap produk yang dimilikinya. 

Tentunya hal ini juga di lakukan, agar dapat bertahan dan bersaing dengan produsen lainnya yang ada di pasar tersebut.

Dengan adanya pasar, tentunya produsen juga akan semakin kreatif, dalam menghasilkan berbagai produk yang dimilikinya agar lebih baik dimata konsumen dan semakin disenangi. 

 

4. Menjual barang hasil produksi

Fungsi pasar bagi produsen lainnya adalah dimana produsen, depat menjual barang hasil produksi yang dimilikinya.

Memang pada dasarnya pasar sendiri merupakan jembatan, yang dapat menghubungkan antara penjual dan juga pembeli.

Fungsi distribusi ini, dapat membantu untuk produsen yang sudah memproduksi barang yang dimilikinya agar dapat dijual.

Bahkan untuk dapat menjual produk barang atau jasa, anda sebagai produsen tidak akan kesulitan karena akan sangat mudah untuk menemukan pembeli yang sekiranya membutuhkan barang atau produk yang anda jual.

Bahkan anda cukup untuk pergi ke pasar, dan nantinya konsumen akan datang untuk dapat membeli produk yang anda miliki.

 

5. Melatih daya untuk juang dan saing

Mungkin banyak orang yang masih bingung, apa saja hubungan daya saing dan juang terhadap fungsi dari pasar?

Dalam hal ini, jika seseorang terjun ke dalam pasar, pastinya harus siap untuk dapat berjuang dengan baik dan memiliki daya saing yang tinggi terhadap produsen lainnya.

Bahkan dalam hal tersebut, anda juga tidak dapat memandang status, golongan dan juga lainnya. 

Dengan adanya pasar, tentunya membuat produsen  untuk dapat semakin bekerja keras untuk dapat melakukan semua hal yang semua produsen bisa.

Nantinya anda juga dapat menemukan berbagai penjual dan karakternya yang berbeda-beda. Pastinya hal ini akan membuat semua produsen terbiasa dengan berbagai hal dan semakin memiliki daya saing dan juang yang baik.

Bahkan jika nantinya seorang produsen keluar atau tidak lagi berada dalam ruang lingkup pasar, akan membuat seseorang menjadi pribadi yang semakin kuat dan mampu untuk dapat memecahkan berbagai masalah yang ada dan dialami dalam hidupnya.

 

Fungsi Pasar Bagi Pemerintah

fungsi pasar bagi pemerintah

1. Sumber pendapatan untuk negara atau pemerintah

Sumber dari pendapatan negara juga disebut dengan deviasi. Dalam hal ini, deviasi Negara juga menjadi salah satu asset penting yang dimiliki oleh sebuah negara.

Tentunya dengan adanya pasar, akan membantu untuk meningkatkan pemasukan yang dimiliki oleh sebuah negara.

Dengan adanya pemasukan ini, sebuah negara dapat menggunakannya untuk keperluan pembangunan yang akan di lakukan, untuk membayar hutan yang juga dimiliki oleh Negara.

Selain itu, pendapatan Negara yang didapatkan dari berbagai kegiatan yang ada di pasar ini juga dapat juga digunakan untuk membangun kerjasama dengan Negara lainnya. 

Pasar sendiri, memang menjadi salah satu pihak yang menyumbang cukup besar untuk pendapatan sebuah negara itu sendiri dapat memiliki kondisi keuangan yang membaik, jika memang kondisi pasar yang dimilikinya juga memiliki kondisi yang baik.

Hal ini juga yang membuat fungsi pasar bagi pemerintah dapat membantu pemerintahan.

Dalam hal ini juga dapat ikut membantu, mensejahterakan keadaan masyarakat. Hal ini juga yang membuat bagaimana perekonomian yang dimiliki Negara semakin stabil di tiap waktunya.

Fungsi pasar bagi pemerintah sangatlah penting, secara tidak langsung juga ikut membantu bagaimana pemasukan dan pendapatan yang dimiliki oleh sebuah Negara.

 

2. Mengontrol berbagai kegiatan ekonomi

Bukan hanya membantu berbagai pendapatan yang dimiliki Negara, namun dalam hal ini fungsi pasar bagi pemerintah adalah aspek penting yang harus dimiliki termasuk dalam bidang ekonomi sendiri.

Bahkan pastinya setiap Negara sendiri, memiliki kegiatan ekonomi dan melakukannya untuk dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Pasar sendiri merupakan salah satu tempat, dimana sebagian besar kegiatan ekonomi dilakukan. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari kegiatan produksi, distribusi dan masih banyak lagi.

Bahkan bukan hanya kegiatan ekonomi saja, melainkan anda juga dapat melihat berbagai permasalahan ekonomi yang juga termasuk di dalamnya. 

Dengan adanya pasar, tentunya pemerintahan akan sangat terbantu atau bahkan negara juga akan sangat terbantu karena dapat melakukan pengontrolan berbagai kegiatan yang ada dan juga alur perekonomian yang dimiliki oleh suatu Negara.

Pasar juga dijadikan sebagai titik dari konsemtrasi dari pemerintahan, yang mana dapat menyatukan suatu Negara.

Pasar juga dapat membantu untuk membantu pemerintahan, agar tetap dan selalu focus dalam menjalankan berbagai alur dari perekonomian yang ada pada suatu Negara.

Tentunya hal ini juga dilakukan dengan adanya pengawasan yang terfokus pada satu titik. Fungsi pasar bagi pemerintah sangatlah penting, agar dapat mengontrol berbagai kegiatan ekonomi yang ada. 

Masih banyak lagi fungsi pasar bagi konsumen, produsen atau bahkan pemerintah sendiri.

Dapat dilihat bahwa pasar memiliki peranan yang cukup penting, bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk bertemunya konsumen dan produsen saja, namun ikut untuk meningkatkan dan menjaga perekonomian yang dimiliki oleh suatu Negara terutama Indonesia.

titan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ingin sharing ilmu lewat website.

Pengertian Koperasi Sekolah

titan
3 min read

Pengertian Koperasi Konsumsi

titan
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *