Aquascape Iwagumi

Bagi Anda pecinta ikan hias pasti sudah tidak asing dengan kata aquascape. Ya! aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, dan lain sebagianya. Nah pada kali ini kami akan membahas tentang salah satu gaya dari aquacape yaitu aquascape iwagumi.

Aquscape Iwagumi merupakan gaya aquascaping yang sangat menantang, karena di dalamnya Anda akan dituntut tentang peletakan batu yang baik dan benar.

Aquascape iwagumi ini pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1988 oleh aquarist terkenal Takashi Amano.

Tata letak dari aquascape ini tidak hanya terletak pada segi minimalis saja, tetapi juga mencerminkan bagaimana kebudayaan Jepang yaitu kesemangatan cinta akan kecantikan dan kesederhanaan.

Gambar Aquascape Iwagumi
Gambar Aquascape Iwagumi

Sebelumnya disini apakah anda tahu apa yang di maksud dengan iwagumi?

Iwagumi adalah istilah yang berasal dari Jepang yang memiliki arti “formasi batuan”, nah maka dari itu gaya dari iwagumi ini lebih berfokus pada peletakan batu.

Karena di dalam teknik ini batu memiliki peranan utama di dalamnya. Biasanya memanfaatkan 3 buah batu dan batu utama memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan batu yang lainnya.

 

Prinsip Iwagumi

Gambar Keindahan Iwagumi Style
Gambar Keindahan Iwagumi Style

Hal yang paling sulit dari teknik ini adalah bagaimana cara membuat tampilannya seimbang.

Pada teknik ini titik pusat adalah pertemuan antara aris vertikal dan horzontal sehingga dapat lebih meningkatkan fokus.

Aquascape iwagumi juga mengikuti prinsip Golden Trangle Rule yang dimana tank di bagi menjadi 3 segmen tampilan.

Dalam strategi yang benar dalam peletakan  substrate juga dapat menolong proses pembuatan kedalaman. Menyusun posisi depan lebih tinggi dari belakang sehingga membentuk kedalaman.

Ketika substrate tertutup dengan tanaman air maka dapat menimbulkan efek seperti pegunungan dan lembah hijau yang subur.

 

Panduan Penyusunan Iwagumi

Gambar Prinsip Aquascape Iwagumi
Gambar Prinsip Aquascape Iwagumi

Batu-batu yang paling populer pada teknik aquascape iwagumi adalah Seiryu-seki, Maten dan Shou.

Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk membangun sebuah batuan yang mirip dalam warna dan teksturnya, namun berbeda dalam bentuk dan kontur.

Setiap batu-batu pada aquascape iwagumi memiliki peran sendiri-sendiri yaitu:

Oyaishi

Oyaishi adalah batu utama dalam dan yang paling besar jika di bandingkan batuan yang di gunakan pada teknik iwagumi. Batuan Oyaishi biasanya di letakan pada titik fokus akuarium.

Batu ini diletakan sesuai dengan aturan Rules of Third atau Golden Rasio dan juga diletakan mengikuti air mengalir, sehingga menimbulkan efek alami.

Fukuishi

Fukuishi adalah batu sekunder atau batu yang ukurannya menyerupai batu utama. Fukuishi ini biasanya diletakan pada sebelah kanan atau kiri dari batu utama.

Tujuan dari peletakan batu fukuishi adalah untuk menyeimbangkan batu utama sehingga dapat menimbulkan keseimbangan dalam akuarium.

Soeishi

Ukuran dari batu soeshi lebih kecil jika di bandingkan dengan fukuishi dan oyaishi. Bisanya letak dari soeishi ini berapa di samping batu oyaishi.

Hal ini memainkan peran penting dalam aliran oyaishi sehingga oyaishi dapat lebih menonjol.

Suteishi

Sutaishi sering juga di sebut dengan batu korban, karena tidak dimaksudkan untuk menonjol dan sering akan tertutup oleh tanaman air.

Namun walaupun tidak menonjol peran batu ini sangat penting yaitu untuk menciptakan pujian terhadap seluruh formasi batuan sehingga menciptakan rasa kebersamaan.

 

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Bonsai

Jenis Tanaman yang Cocok Untuk Aquascape Iwagumi

Gambar Tanaman Untuk Iwagumi
Gambar Tanaman Untuk Iwagumi

Tanaman disini memiliki peran yang sangat penting, karena dapat menimbulkan efek alami dan natural.

Namun pada teknik iwagumi ini sebaiknya jangan terlalu banyak tanaman yang tumbuh dapat tumbuh tinggi. Karena pada aquascape iwagumi batu adalah yang paling di utamakan.

Berikut adalah tanaman yang cocok untuk aquascape iwagumi:

  • Dwarf hairgrass (Elochairs Acicularis)
  • Hemianthus Callitrichoides ‘Kuba’
  • Pogostemon Helferi
  • Fluitans Riccia (terendam dan terikat pada batu)
  • Vallisneria Nana
  • Eleocharis Vivipari
  • Rotala Sp.

 

Rekomendasi Ikan

Gambar Ikan Untuk Aquascape Iwagumi
Gambar Ikan Untuk Aquascape Iwagumi

Ikan adalah salah satu pendukung agar aquascape ini terlihat lebih hidup. Dalam pemilihan ikan untuk aquascape iwagumi adalah adalah ikan yang suka mengelompok.

Seperti Kardinal tetra, Rummy nose tetra dan Harlequin rasbora. Ikan ini sering digunakan karena perilaku tenang dan lembut.

Sehingga sangat cocok jika di letakan pada akuarium dengan desain iwagumi, karena iwagumi ini menimbulkan rasa sederhana dan tenang.

Hindari menggunakan ikan yang sering bergerak sendiri karena ini dapat memecah keharmonisan dan ketenangan dari iwagumi ini.

 

Prosedur Layout Iwagumi

Lapis Tipis

Meskipun ketebalan susbtrat rata untuk sebuah layout dengan kayu apung dijaga tetap rendah di bagian depan akuarium dan bertahap meningkat kebelekang.

Substrat untuk tata letak iwagumi diletakan tipis dan merata pada awalnya.

Letakan Oyaishi Seusai Aturan Baku

Ini adalah aturan utama dalam memulai menempatkan oyaishi pertama kali. Karena dapat menjadi patokan utama sehingga lebih seimbang dan indah.

Mengatur Batuan

Setelah penempatan oyaishi ini selesai kemudian letakan batuan sesuai dengan ukurannya. Posisi batuan ditetapkan dengan memperhatikan keseimbangan sudut dan orientasi dari batuan.

Penyelesaian Substrat

Gundukan tanah dengan cara menyebarkan tambahan substrat yang ada dengan menggunakan wadah plastik kecil.

Biarkan beberapa substrat menutupi bebatuan untuk mnghasilkan cita rasa yang menyeluruh. Lalu selesaikan dengan substrat dengan jenis bubuk/halus diatas gundukan.

 

Pencarian terbaru:

  • aquascape iwagumi
  • aquascape iwagumi batu kali
  • iwagumi
  • teknik iwagumi
  • hal yang harus dipelajari aquascape iwagumi
  • gambar aquascape
  • teknik aquascape iwagumi
  • gambar aquascape batu
  • aquarium aquascape iwagumi
  • teknik yang ada di iwagumi aquascape

Tinggalkan komentar