Aquascape Bonsai

Saat ini memang ada banyak sekali teknik membuat aquascape, salah satunya adalah aquascape bonsai. Teknik jenis ini banyak sekali di gunakan oleh para penggemar dunia aquascape.

Karena bentuknya yang unik dan juga dapat membuat akuarium di rumah anda menjadi lebih hidup karena adanya pohon bonsai di dalamnya.

Selain itu aquascape dengan tema bonsai ini juga dapat membuat pemandangan yang indah di dalam akuarium miliki anda, karena dapat menumbuhkan ekosistem baru di dalamnya.

Gambar Aquascape Bonsai
Gambar Aquascape Bonsai

Nah dari pada penasaran seperti apa si cara membuat aquascape bonsai ini berikut adalah pembahasannya.

 

Cara Membuat Aquascape Bonsai

Bahan-bahan yang di butuhkan juga cukup mudah yaitu:

  1. Kayu atau akar rasmala atau santigi atau apa saja yang berbentuk ranting dan memiliki bentuk sepereti pohon bonsai.
  2. Lem
  3. Batok kelapa sebagai pengikat moss
  4. Benang dan gunting
  5. Moss dengan jenis apa saja yang penting dalam keadaan sehat sehingga dapat tumbuh dengan baiknya nantinya.

Nah setelah bahan-bahannya siap semua kemudian cara menysunnya.

  • Siapkan kayu atau akar yang tadi, pastikan dalam keadaan kering karena disini kita akan mengelem bagian ujung dari ranting tadi.
  • Pecahkan batok kelapa sebagai media untuk meletakan moss. Dalam memecahkan batok kelapa ini tidak perlu rapi biarkan pecah dengan natural. Sehingga dapat menimbulkan efek yang apa adanya namun keren.
  • Kemudian tempelkan batok kelapa tadi pada ujung ranting kayu atau akar tadi dengan menggunakan lem yang kuat. lalu diamkan hingga batok kelapa tadi benar-benar merekat dan lem sudah kering.
  • Setelah batok kelapa melekat dengan kuat di ranting tadi kemudian mulai dengan meletekan moss sedikit demi sedikit dan lilitlah dengan benang tadi agar moss tidak bergeser-geser. Selagi melilitkan moss pada batok kelapa tadi jangan lupa untuk menyemprotkan air dengan tujuan menjaga moss tetap basah dan lembab.
  • Setelah semua batok kelapa terpasangi moss langkah selanjutnya adalah meletakan kayu atau akar tadi kedalam tank akuarium. Atur posisi sedemikian rupa sehingga moss dapat terkena cahaya. Karena cahaya berperan penting dalam menjaga kesuburan moss anda.
  • Moss dapat tumbuh subur jika suhu air di dalam akuarium berada di bawah 29 derajat. Serta mendapatkan cajaya dan CO2 yang cukup. Karena hal ini akan sangat membantu dalam proses fotosintesis sehingga akuarium dapat terlihat sangat hijau dan rindang.

 

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Iwagumi

Moss yang Cocok Untuk Aquascape Bonsai

Setelah mengetahui tentang bagai mana cara membuat aquascape bonsai kali ini kami akan memerikan beberapa jenis moss yang cocok untuk aquascape jenis ini.

 

Java Moss

Gambar Java Moss
Gambar Java Moss

Moss jenis ini adalah salah satu moss yang sangat mudah untuk untuk di dapatkan. Java Moss ini dapat dikenali dari struktur rantingnya yang pendek sampai panjang serta jarak yang satu dengan yang lainnya cukup jarang dan lebar.

Para aquascaper memanfaatkan java moss sebagai pengganti dedaunan yang rindang pada akar atau kayu.

 

Peacock Moss

Gambar Peacock Moss
Gambar Peacock Moss

Peacock ini memiliki sifat jika semakin sering terkena cahaya maka semakin cepat juga tanaman ini tumbuh.

Peacock moss ini tumbuh menyamping seperti daun pohon, sehingga sangat cocok jika di jadikan daun untuk di tempel di akar ataupun kayu.

Tanaman ini membutuhkan cahaya low-medium atau semua jenis cahaya dapat masuk untuk menyinari tanaman ini. Selain itu suhu yang di butuhkan untuk tanaman ini agar tetap hidup adalah di bawah 30 derajat.

 

Fire Moss

Gambar Fire Moss
Gambar Fire Moss

Fire moss adalah salah satu jenis moss yang banyak di cari oleh para aquascaper. Ini dikarenakan warna dari Fire Moss yang merah sehingga dapat menjadi pembeda di antara rimbunnya warna hijau.

Selain itu dengan adanya fire moss ini aquascape bonsai anda menjadi lebih berwarna, karena tidak hanya di dominasi warna hijau saja.

Sebenarnya masih banyak sekali moss yang dapat diguanakan sebagai daun pada aquascape bonsai ini. Namun 3 moss ini adalah yang paling sering di gunakan oleh para aquascaper.

 

Jenis Kayu Untuk Aquascape Bonsai

Ada beberapa jenis kayu yang cocok untuk di jadikan pohon dalam aquascape bonsai ini berikut adalah jenis-jenisnya:

Kayu Rasamala

Gambar Kayu Rasamala
Gambar Kayu Rasamala

Kayu jenis ini adalah kayu sering di gunakan oleh para aquascaper sebagai media utamanya.

Hal ini disebabkan oleh harganya yang murah dan mudah mengering. Selain itu jika kayu ini sudah mengering tidak mengeluarkan tanin dalam jumlah banyak sehingga warna kayu tidak berubah.

Harga dari kayu ini berkisar 40 ribu hingga ratusan ribu tergantung dari besar kecilnya ukuran kayu ini.

 

Kayu Santigi

Gambar Kayu Santigi
Gambar Kayu Santigi

Kayu santigi adalah kayu jenis bonsai yang sering digunkan untuk membuat aquascape bonsai. Selain itu lekukan indah dari kayu ini juga membuat efek dramatik yang indah.

 

Kayu Bakau/Driftwood

Gambar Kayu Bakau
Gambar Kayu Bakau

Kayu bakau adalah salah satu jenis kayu yang tinggi akan kandungan tanin. Sehingga perlu proses dulu sebelum menjadikannya sebagai media tanaman bonsai pada teknik ini.

Pengolahan ini diperlukan agar kandungan taninnya tidak merubah warna air dan waran batangnya.

 

Branchwood

Gambar Branchwood
Gambar Branchwood

Branchwood mempunyai ranting yang lebih banyak sehingga dapat menyerupai pohon yang rimbun. Apalagi jika sudah di tambahkan dengan moss. Pasti sudah dipastikan rindang banget.

 

Pemilihan Ikan Untuk Aquascape Bonsai

Gambar Ikan Untuk Aquscape Bonsai
Gambar Ikan Untuk Aquscape Bonsai

Hampir semua ikan cocok untuk di letakan di dalam aquascape bonsai . Karena tipe dari aquascape ini yang rindang dan menampilkan panorama seperti hutan.

Sehingga tidak ada pengkhususan jenis ikan yang cocok untuk aquascape jenis ini. Namun perhatikan juga jumlah ikan yang ada di dalamnya jangan sampai terlalu banyak karena dapat membuat panorama aquascape ini kurang menonjol.

Pencarian terbaru:

  • cara membuat bonsai aquascape dari batok kelapa
  • aquascape batok kelapa
  • bagaimana cara meletakan bonsai di aquascpe yang indah
  • cara membuat pohon bonsai aquascape
  • membuat pohon bonsai aquascape

Tinggalkan komentar